Connect with us

Dinsos Sulsel Gelar ki Coffe Morning Bersama Awak Media

Published

on

Kitasulsel–Makassar Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov Sulsel menggelar Coffe Morning bersama awak media paparkan beberapa program prioritas, salah satunya penanganan stunting.

Coffe Morning bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) merupakan arahan langsung Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif memaparkan program dan kebijakan Pemprov Sulsel kepada publik.

Hadir pula Kepala Bidang Humas Diskominfo-SP Sulsel Fitra mendampingi Kadis Sosial sekaligus sebagai moderator jalannya diskusi dalam Coffe Morning tersebut.

“Program kami 2024 tidak lepas dari 8 Program prioritas pak Pj Gubernur. Pertama bagaimana kami bersam OPD kolaborasi turunkan angka prevalensi stunting di Sulsel,” kata Kepala Dinsos Sulsel Malik Faisal.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara besar selalu masuk dalam daftar negara berkembang. Alasannya, karena SDM yang masih dibawah standar, termasuk angka stunting yang masih tinggi.

“Sulsel 27.4 persen angka stunting, ini tandanya bahwa kita hari ini sampai akhir desember 2024 sedang menyiapkan generasi yang gizinya sama dengan negara maju, bagaimana supaya 27 persen ini bisa turunkan,” ujarnya kepada saat Coffe Morning bersama awak media.

Sedangkan target nasional untuk angka stunting di 24 persen. Ia percaya Sulsel bisa menekan stunting dan gizi buruk hingga akhir desember 2024.

“Saya yakin program bapak Gubernur melakukan intervensi di desember bisa turun dan fokus memperbaiki generasi. Januari sampai desember pasti ada bayi yang lahir. mudahan tidak masuk kategori stunting lagi,” ungkapnya.

Ada 8 Program Prioritas Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh selama menjabat di Sulsel, salah satunya salah poin ke-2 yaitu penanganan masalah 4+2.

Terkait, pengendalian inflasi, kemiskinan, stunting, gizi buruk, anak tidak sekolah dan perkawinan anak. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dinas Koprasi Makassar

Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Global, Diskop Makassar Gelar Pelatihan bagi UMKM

Published

on

Kitasulsel–Makassar Kewirausahaan memang sangat erat kaitannya dengan inovasi dan memanfaatkan peluang baru, Kedua hal ini agar dapat adaptif terhadap perubahan yang terjadi di era digital saat ini.

Mendorong hal tersebut, Dinas Koperasi (Diskop) kota Makassar menggelar pelatihan meningkatkan inovasi dan peluang UMKM kuliner dan fashion lokal beradaptasi dengan tren global, di Balaikota Makassar, Kamis (19/9/2024).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Muhammad Rheza mengatakan, setidaknya 250 peserta akselarasi hadir dalam pelatihan.

Peserta akselarasi merupakan, anggota binaan dinas koperasi yang telah siap bersaing dalam pasar yang lebih besar.

“Kalau kita di pendaftaran online ini, sudah ada 400 tapi kalau dilihat yang ikut itu 250,” ujarnya.

Kata Rheza, sejumlah pemateri praktis disiapkan untuk untuk menciptakan kesempatan bagi pelaku usaha mempersiapkan diri ke pasar lebih luas.

“Pemateri yang memng betul-betul terbaik, dia praktisi bukan teori. Kita memang undang orang yang sudah berpengalaman dan orang yang sudah berhasil. Kehadirannya juga untuk memotivasi pelaku UMKM,” jelasnya.

Tujuan dalam pelatihan ini merupakan, bentuk komitmen Diskop Makassar meningkatkan kualitas UMKM agar siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi serta mendorong pelaku usaha dan UMKM menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi.

“Bagaimana mereka bisa lebih membuka cakrawala berpikir, lebih berkembang pola pikir yang pada hal-hal sepele,” jelasnya.

Apalagi, branding Makassar sebagai Kota Makan Enak, tentu saja kuliner yang mengandung kearifan lokal Bugis-Makassar harus menonjol.

Rheza mencontohkan, Italia terkenal dengan Pizzanya jika UMKM kuliner Makassar terus menyatukan pandangan dan mau berkembang kuliner yang ada tentu bisa dikenal mancanegara.

“Kita punya kearifan lokal, punya makanan khas Bugis Makassar. Sekarang bagaimana agar orang-orang luar tahu makanan kita,” terangnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.