Connect with us

Dinas Pariwisata Makassar

Genjot PAD Makassar Rp.2 Triliun,Tahun ini Sektor Pariwisata Targetkan PAD Sebesar Rp.511 Miliar

Published

on

Kitasulsel–Makassar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus menggenjot target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Makassar mencapai Rp2 triliun di tahun 2024.

Salah satu penyumpang PAD Makasar adalah sektor pariwisata. Di tahun 2023 lalu, sektor pariwisata menyumbang PAD sebesar Rp401 Miliar lebih atau sekira 25,59 persen dari total PAD Kota Makassar.Ini berasal dari aktivitas pariwisata yakni pajak hotel, hiburan hingga restoran.

Tahun ini, sektor pariwisata diharapkan mampu memberikan kontribusi PAD sebesar Rp511 miliar untuk mencapai target Rp2 Triliun.

Kepala bidang Promosi Dispar Makassar, Yulianti Jabir mengatakan, pencapaian ini tidak terlepas dari kolaborasi Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar dengan PHRI dan Asita, dalam mempromosikan Kota Makassar Makan Enak dan destinasi wisata yang ada di Makassar, melalui Makassar Direct Sale (MDS)

Hal itu disampaikan saat kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) dengan mengangkat tema Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Makassar dalam rangka mendukung pencapaian PAD 2 Triliun yang diselenggarakan Dispar Makassar, di Athama Hotel, Jumat, 9 Agustus 2024.

BACA JUGA  Dispar Makassar Gelar Direct Sale di Semarang, PHRI dan Asita Jateng Beri Apresiasi

“Ada beberapa kota yang kita kunjungi, itu berefek pada pencapaian PAD dengan melibatkan sektor industri (perhotelan dan travel) termasuk juga promosi Kota Makan Enak.

Memang orang datang makan ke Makassar jadi tidak salah pak wali katakan Makassar Kota Makan Enak. Ada kontribusi pendapatan khusus kuliner dengan pencanangan kemarin kota kreatif 2023 itu dari sektor kuliner juga,” ujar Yulianti.

Kegiatan FGD ini sendiri tujuannya untuk memberikan masukan-masukan dari semua pihak dari sektor pariwisata untuk mencapai target PAD Makassar Rp2 triliun di tahun ini.

“Insyallah semua sektor sudah mencatat langkah-langkah yang kita bangun seperti apa kedepan dengan melibatkan orang luar termasuk dari daerah lain untuk datang ke Kota Makassar. Sehingga target tahun depan 2 triliun bisa kita capai dengan menggandeng PHRI dan ASITA,” jelas Yulianti.

BACA JUGA  Dispar Makassar Memfasilitasi Industri Pariwisata Kota Makassar di MATTA Fair 2024

Kedepan juga diharapkan sektor hiburan atau penyelenggaraan event di Makassar terus dilakukan agar perekonomian di Makassar terus meningkat.

“Alhamdulillah dengan adanya event di Makassar. Kita kemarin ada launching 50 event bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Dispora. Kemarin juga ada Makassar Half Maraton itu juga bagus, okupansi hotel naik, banyak orang datang seluruh Indonesia,” katanya.

“Event Nasional sebenarnya kita mau gandeng seperti lomba sepeda, lari, atau komunitas vespa tapi nasional sehingga banyak orang datang. Kalau lokal kecamatan tugasnya dinas pariwisata yang harus menjahit ini barang,” tambah Yulianti.

Sementara, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono mengatakan, Kota Makassar kaya dengan kuliner dan pariwisatanya. Banyak hal yang dilakukan salah satunya mempromosikan dan memperbanyak event di Makassar.

BACA JUGA  Muhammad Roem Wakili Indonesia pada Internasional Quality Tourism Conference Pertama di Bali

“Alasan orang wisata ke Indonesia tahun ini karena kuliner, Makassar luar biasa kulinernya silahkan angkat. Kedua karena event. Perbanyak event yang mendatangkan orang, ketiga karena seni dan budaya.

Saya yakin di Makassar banyak sekali sejarah dan budaya yang bisa ditawarkan. Keempat karena promo-promo tadi, silahkan membuat program mulai dari Asita menjadi leadernya nanti PHRI mensupport ini,” tutur Dwi Marhen Yono.

Terakhir, ia menyarankan bagaimana alam yang indah, potensi wisata di Makassar dijadikan sebagai bahan untuk mempromosi Kota Makassar.

“Saya pikir kalau itu bisa berjalan semua target PAD Rp2 triliun itu tidak akan susah kita capai dengan catatan kerjasama stakeholder terkait,” tutupnya.(*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dinas Pariwisata Makassar

Dispar Makassar Memfasilitasi Industri Pariwisata Kota Makassar di MATTA Fair 2024

Published

on

Kitasulsel–MALAYSIAN Dinas Pariwisata Kota Makassar menunjukkan komitmennya dalam memajukan pariwisata Kota Makassar dengan berpartisipasi dalam Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2024.

Acara bergengsi ini berlangsung di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC), Kuala Lumpur, dari 6 – 8 September 2024.

Fasilitasi industri pariwisata Kota Makassar dari ASITA (Asosiasi Travel Agent Indonesia), PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), Dispar Makassar memperkenalkan potensi dan kekayaan budaya Kota Makassar serta Sulawesi Selatan kepada pasar internasional.

Stand Indonesia, khususnya Makassar cukup tinggi terlihat dari jumlah pengunjung yang datang ke stand Pariwisata Indonesia.

MATTA Fair 2024 merupakan pameran pariwisata terbesar di Malaysia yang berhasil menarik perhatian lebih dari 180.000 pengunjung setiap tahunnya.

Dengan transaksi penjualan yang mencapai lebih dari 300 juta ringgit Malaysia (RM), event ini menjadi ajang penting yang dihadiri oleh ribuan agen perjalanan, tour operator, dan wisatawan dari seluruh dunia.

BACA JUGA  Sambangi Kota Semarang, Dispar Makassar Promosi Wisata Lewat MTF 2024

Kehadiran Dispar Makassar di event ini merupakan langkah strategis untuk mempromosikan Kota Makassar sebagai destinasi favorit.

Selain memfasilitasi para pelaku industri pariwisata kota makassar, Dispar Makassar juga ikut memeriahkan MATTA Fair 2024 dengan menampilkan penampilan Tari 4 Etnis khas Sulawesi Selatan. Penampilan spektakuler ini tidak hanya memanjakan mata tetapi juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan kekayaan budaya Sulawesi Selatan secara langsung.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem, menilai bahwa partisipasi dalam MATTA Fair 2024 adalah peluang emas untuk memperkenalkan pariwisata Makassar kepada pasar Malaysia dan internasional.

“Dengan partisipasi aktif kami dan strategi promosi yang efektif, kami yakin Makassar dapat memperoleh perhatian lebih besar di pasar pariwisata Malaysia. Dimana saat ini sudah tersedia 3 (tiga) maskapai penerbangan yang melayani rute Kuala Lumpur – Makassar setiap minggu.

Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan memperkuat posisi Makassar sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia,” ujar Muhammad Roem.

BACA JUGA  Dispar Makassar Gelar Direct Sale di Semarang, PHRI dan Asita Jateng Beri Apresiasi

Denny Ristyanto, General Manager Hotel Melia Makassar dan perwakilan PHRI Sulawesi Selatan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Pariwisata Kota Makassar atas kesempatan yang luar biasa ini.

“Kami sangat menghargai dukungan dari Dinas Pariwisata Kota Makassar yang telah memfasilitasi keikutsertaan kami, khususnya Hotel Melia Makassar dan PHRI, dalam MATTA Fair 2024.

Ini adalah kesempatan berharga untuk mengeksplorasi pasar Malaysia dan menjalin hubungan dengan tour operator dari seluruh dunia.”

Denny juga menambahkan, “MATTA Fair 2024 membuka peluang baru bagi kami untuk tidak hanya mempromosikan hotel tetapi juga menjual Kota Makassar sebagai destinasi unggulan. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi industri perhotelan di Kota Makassar.

Didi Leonardo Manaba, Ketua ASITA Sulawesi Selatan, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pariwisata Kota Makassar atas kesempatan untuk berpartisipasi di MATTA Fair 2024.

BACA JUGA  Dispar Makassar Memfasilitasi Industri Pariwisata Kota Makassar di MATTA Fair 2024

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan ini, sehingga kami dapat memperkenalkan Kota Makassar ke Wisatawan Mancanegara. Partisipasi kita di event bergengsi ini merupakan langkah penting dalam menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan profil Kota Makassar di pasar global.”

Didi juga menambahkan, “Kami berharap Dinas Pariwisata Kota Makassar dapat mencapai target kunjungan wisatawan dan tentunya kami siap untuk terus berkolaborasi dan mendukung upaya peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Makassar.

Dengan kolaborasi yang solid, kami percaya kita bisa membawa Kota Makassar menjadi destinasi wisata unggulan yang semakin dikenal di seluruh dunia.”

Dispar Makassar berharap dapat membawa hasil yang positif dari MATTA Fair 2024 dan menjadikan Kota Makassar sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan mancanegara. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.