Connect with us

Dispora Makassar

Dispora Makassar Perkuat Berbagai Program Smart Milenial

Published

on

Kitasulsel—Makassar—Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar terus mengoptimalkan program penunjang Smart Milenial untuk mendorong salah satu visi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto dalam pemberdayaan pemuda.

Plt Kepala Dispora Makassar, Andi Engka mengatakan Pemerintah Kota Makassar terus menunjukkan komitmen dalam rangka memanfaatkan fase bonus demografi dan mewujudkan visi besar, Indonesia emas 2045.

Dalam mewujudkan visi tersebut, Ia mengatakan salah satu fokus Dispora adalah penberian pelatihan life skill bagi pemuda, serta pengembangan pemberdayaan wirausaha muda.

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan pemuda agar mampu menciptakan peluang bisnis baru dan lapangan pekerjaan,” jelasnya pada Selasa, (13/8/2024).

BACA JUGA  Laksanakan Appatasa 4, Dispora Makassar Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan Editor: Rasdianah

Lebih lanjut, di tahun ini, Dispora pun melaksanakan Survei Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang merupakan kegiatan Perhitungan kualias pembangunan kepemudaan pertama di Indonesia yang turun langsung kepada 18.800 Pemuda.

Selain itu, Ia mengatakan Dispora Makassar juga sedang mengembangkan sistem big data kepemudaan yang terintegrasi dengan Satu Data Indonesia untuk mendukung berbagai program pengembangan pemuda di Kota Makassar.

Dalam mendukung program ini, kata Andi Engka, Dispora Makassar juga melaksanakan seleksi duta pemuda dan pemuda pelopor yang bertujuan untuk menghimpun pemuda kreatif yang mampu membentuk jaringan kepemudaan.

Ia menyebutkan di tahun 2024, sebanyak 69 pemuda terpilih dalam seleksi tersebut, yang menunjukkan betapa besar potensi dan kontribusi generasi muda di Kota Makassar.

BACA JUGA  Eksekusi Program Kepemudaan, Sistem Informasi Taurungka Jadi Andalan Dispora

“Diharapkan hadirnya duta pemuda menjadi mitra strategis dalam agenda pengembangan kepemudaan. Adapun pemuda pelopor, bertujuan untuk menemukan pemuda-pemuda yang telah memiliki aksi kepeloporan yang berdampak positif bagi masyarakat,” jelasnya.

Tambahnya, Dispora Makassar juga aktif dalam menyelenggarakan berbagai event kepemudaan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran sosial serta memberikan dampak positif kepada masyarakat.

“Event-event ini diharapkan dapat membangun karakter pemuda yang lebih peduli dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial,” jelasnya.

Dalam sektor olahraga, kata Andi Engka, Dispora berkomitmen menyelenggarakan berbagai event olahraga. Tujuan utama dari event ini adalah pembinaan dan apresiasi terhadap atlet-atlet yang ada di Kota Makassar.

“Dengan adanya event-event tersebut, diharapkan dapat muncul bibit-bibit atlet berprestasi yang mampu mengharumkan nama Kota Makassar di kancah nasional maupun internasional,” jelasnya.

BACA JUGA  Dispora Makassar Gelar Festival Olahraga Pendidikan dan Pekan Olahraga Tradisional Dihadiri 1000 Siswa

Selain itu, kata Andi Engka, Dispora juga mengoptimalkan merehabilitasi ruang terbuka hijau (RTH) dengan menghadirkan fasilitas olahraga yang terintegrasi.

Menurutnya, Investasi dan dukungan terhadap sektor pemuda dan olahraga ini dipandang sebagai basis yang kokoh dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

“Dengan optimalisasi program Smart Milenial, kami percaya potensi besar yang dimiliki oleh generasi muda Makassar dapat dioptimalkan yang akan menjadi motor penggerak pembangunan Kota Makassar,” tandasnya.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dispora Makassar

Eksekusi Program Kepemudaan, Sistem Informasi Taurungka Jadi Andalan Dispora

Published

on

Kitasulsel–Makassar Adaptasi terhadap konsep Makaverse, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar andalkan inovasi program Taurungka.

Sebab Taurungka merupakan program berbasis digital yang menjadi sistem informasi smart kepemudaan di Kota Makassar.

Selama ini problem yang dihadapi adalah belum tersedianya data kepemudaan yang akurat, terintegrasi dan kompherensif untuk memetakan kondisi dan kebutuhan pemuda di Kota Makassar.

Hal tersebut berdampak pada tidak meratanya akses bantuan bagi pemuda ataupun saluran yang tepat bagi anak muda. Sehingga melalui aplikasi ini diharapkan bisa menuntaskan persoalan-persoalan yang ada.

Kadispora Makassar, Andi Engka Bau Djemma mengatakan bahwa Taurungka nantinya akan hadir sebagai tools dalam mengeksekusi program kepemudaan ke depan di Kota Makassar.

BACA JUGA  Dispora Makassar Gelar Festival Olahraga Pendidikan dan Pekan Olahraga Tradisional Dihadiri 1000 Siswa

“Mereka harus disiapkan saluran dan dibukakan akses untuk mengembangkan potensinya secara lebih merata dan maksimal,” kata Andi Engka sapaan akrabnya, Jumat (6/9/2024).

Lebih lanjut, Andi Engka juga mengatakan bahwa saat ini Taurungka menjadi pusat database kepemudaan yang akan memuat sebaran pemuda usia 16-30 tahun berdasarkan wilayah kelurahan dengan sistem QR Code.

“Ini akan jadi pusat data base OKP yang memuat data kepemudaan menurut organisasi kemasyarakatan. Taurungka juga akan menjadi pusat database wirausaha dan UMKM pernuda yang di dalamnya memuat data dan profil wirausaha pemuda, UMKM Pemuda serta e-commerce barang dan jasa produknya,” jelasnya

Saat ini Taurungka sebagai pusat database kepemudaan yang akan menjadi dasar realisasi berbagai program strategis pengembangan kepemudaan di kota Makassar.

BACA JUGA  Eksekusi Program Kepemudaan, Sistem Informasi Taurungka Jadi Andalan Dispora

Andi Engka juga menjelaskan bahwa Taurungka hadir sebagai tools dalam mengeksekusi program kepemudaan ke depan di Kota Makassar.

“Agar apa yang kita lakukan tepat sasaran. Mereka harus disiapkan saluran dan dibukakan akses untuk mengembangkan potensinya secara lebih merata dan maksimal,” tegasnya

Diketahui Aplikasi Taurungka juga menyediakan info terkait artikel kepemudaan dan hal-tal penting yang perlu dipublikasikan serta adanya sistern manajemen aduan dan Panic Button untuk pemuda. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.