Connect with us

Damkar Makassar

Dinas Damkarmat Makassar Beri Bantuan dan Dukungan Moral Korban Lakalantas

Published

on

Kitasulsel–Makassar Sejumlah pejabat struktural Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Makassar, menjenguk korban kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Rumah Sakit Pelamonia, Kamis (15/8/2024).

DiketahuI, pasca kecelakaan lalu lintas (lakalantas) sepeda motor yang menabrak armada pemadam yang sedang bertugas di perempatan Jl. Gunung Bawakaraeng – Jl. Kartini (Karebosi) pada Sabtu malam (11/8/2024), Korban pengendara sepeda motor dan boncengannya harus dirawat di RS Pelamonia.

Kepala Bidang Operasi Pemadam Kebakaran Makassar, Cakrawala, mengatakan kunjungan pihak Dinas Damkarmat Kota Makassar untuk memberikan semangat dan dukungan moral kepada korban dan keluarga atas kejadian yang tidak diinginkan tersebut.

Kunjungan itu juga dilakukan sebagai bentuk empati dan tanggung jawab moral dari pihak Damkarmat atas insiden yang terjadi, meskipun armada Damkar saat itu berada dalam tugas darurat.

BACA JUGA  Aksi Sigap Damkarmat Makassar Evakuasi Lansia Rentan di Jalan Sunu

“Kami sangat menyesalkan terjadinya kecelakaan ini. Kami berharap kedua korban dapat segera pulih. Kami juga mengingatkan kembali pentingnya kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, terutama saat berhadapan dengan kendaraan yang sedang bertugas darurat.” harap Cakra.

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Damkarmat juga memberikan bantuan berupa uang tunai kepada keluarga korban. Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan untuk meringankan beban yang mereka hadapi.

“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian kami kepada korban dan keluarganya. Semoga bisa sedikit membantu meringankan beban mereka dalam masa pemulihan,” tambah Cakrawala.

Tidak lupa, Cakrawala kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya keselamatan dan disiplin di jalan raya. (*)

BACA JUGA  Damkarmat Makassar Ingatkan Aturan Prioritas Jalan demi Keselamatan Pengendara
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Damkar Makassar

Kebakaran di Makassar Capai 156 Kasus Sepanjang 2024, Tertinggi di Bulan Agustus

Published

on

Kitasulsel–Makassar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Makassar, mencatat kasus kebakaran sepanjang tahun 2024 mencapai 155 kali kejadian.

Berdasarkan data Damkarmat Makassar dari 168 kejadian kebakaran, sebanyak 138 di antaranya menghanguskan rumah warga. Objek kebakaran lainnya yakni toko 10, pasar 1, industri perusahaan 4, gudang 8, hotel 2 dan 62 lainnya.

Sedangkan penyebab kebakaran, ada 37 kejadian karena korsleting listrik. Selain itu, pemicu gas atau kompor 10 kejadian, tabung gas 6, sampah atau alang-alang 44, dan 60 kejadian lainnya tidak diketahui.

Kepala Damkarmat Makassar, Hasanuddin tidak menampik kebakaran meningkat di tengah musim kemarau.

Salah satu faktor kebakaran terjadi juga dipengaruhi cuaca panas di Kota Makassar, di mana menyebabkan api mudah tersebar.

BACA JUGA  Damkarmat Makassar Ingatkan Aturan Prioritas Jalan demi Keselamatan Pengendara

“Banyak penyebabnya, antara lain faktor cuaca. Di mana belakangan ini cuaca sangat panas,” ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Lebih lanjut, Hasanuddin merincikan kasus kebakaran memang mulai mengalami peningkatan selama memasuki musim kemarau.

Tertinggi, ada pada Juli dan Agustus 2024, setidaknya pada Juli tercatat 23 kasus kebakaran sedangkan Agustus 57 kasus.

“Pada Agustus setidaknya ada 68 rumah ludes terbakar dalam kasus tersebut, dengan penyebab kebakaran tertinggi sampah atau alang-alang sebanyak 23,” ujarnya.

Damkarmat Makassar juga mencatat kebakaran yang terjadi sejak Januari-Agustus 2024, berdampak pada 158 kepala keluarga (KK) dan 314 jiwa.

Adapun korban luka-luka sebanyak 3 orang. Sementara total kerugian akibat kebakaran ditaksir Rp35.380.000.000. (*)

BACA JUGA  Aksi Sigap Damkarmat Makassar Evakuasi Lansia Rentan di Jalan Sunu

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.