Connect with us

Pilgub Sulsel

Sebut Andi Sudirman Pemimpin Muda dan Berenergi, Ketua DPRD Tana Toraja: Kita Berharap Beliau Melanjutkan Pembangunan

Published

on

Kitasulsel–Makassar Sejumlah kerja nyata telah dilakukan Andi Sudirman sulaiman semasa kepemimpinannya sebagai Gubernur Sulawesi Selatan periode 2021-2023. Pembangunan bertahap yang berkeadilan menjadi prioritas Andi Sudirman. Tak terkecuali di wilayah Toraja.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong mengakui hal ini. Menurutnya Andi Sudirman patut disebut salah satu ‘Bapak Pembangunan’ di Sulsel. “Pak Sudirman selama menjabat sebagai Gubernur Sulsel, baik saat plt maupun setelah definitif memberi perhatian penuh bagi pembangunan di Toraja Utara,” bebernya.

Dukungan pembagunan bukan hanya melalui APBD Provinsi langsung, juga mensupport melalui pemberian bantuan keuangan Provinsi ke Kabupaten/Kota. “Setiap tahun minimal Rp 20 M bantuan keuangan diberikan untuk pembangunan jalan dan jembatan,” ungkapnya.

Salah satunya, kata dia, Jembatan Malango yang diresmikan oleh Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh. Menurutnya, hal itu menjadi bukti nyata kepedulian Andi Sudirman untuk pembangunan di Toraja. Apalagi, jembatan itu menjadi keluhan dari masyarakat.

“Bantuan pengembangan pariwisata dan komoditas unggulan serta pemberdayaan UMKM selalu menjadi perhatian beliau. Di Toraja Utara, organisasi sosial dan keagamaan tidak luput dari perhatian beliau,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi mengaku, bahwa Andi Sudirman merupakan salah satu putra terbaik Sulsel. “Beliau masih muda dan energi, sudah berkarya di Sulawesi Selatan.

Sudah berkarya dan berbuat untuk Tana Toraja. Kita berharap beliau tetap berbuat dan berkarya di Sulsel, dalam melanjutkan dan menuntaskan pembangunan di segala sektor,” ungkap Welem Sambolangi yang juga tokoh masyarakat di Toraja.

Diketahui, tercatat sepanjang tahun 2019 hingga tahun 2023, sekitar Rp 1,1 Triliun alokasi Pemprov Sulsel yang bermanfaat untuk masyarakat di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

BACA JUGA  Fatmawati Blusukan di Pasar Ikan Sinjai, Ajak Warga Dukung Sulsel Maju

Alokasi APBD Provinsi itu, baik pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, mendukung pengembangan wisata, hibah rumah ibadah, bantuan sosial kemanusiaan, bantuan untuk petani, dan sejumlah bantuan lainnya.

Sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan dibangun secara bertahap. Di Toraja Utara diantaranya Jembatan Malango , ruas jalan Rantepao – Pangalla ; ruas Bua – Rantepao; ruas Rantepao – Sa’dan – Batusitanduk; ruas Rantepao – Alang Alang – Madandan – Batas Tana Toraja. Serta jalan Kabupaten seperti jalan lingkar Ba’lele, jalan Randan Batu- perbatasan Tana Toraja, jalan Buntao- perbatasan Tana Toraja, ruas jalan Tandung La’bo dan beberapa ruas jalan lainnya. Sementara di Tana Toraja diantaranya ruas Passobbo – Matangli – Massupu – Batas Pinrang.

Bantuan keuangan juga terus dikucurkan Pemprov Sulsel diera kepemimpinan Andi Sudirman. Hal ini sebagai wujud komitmen pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Misalnya di Toraja Utara, bantuan keuangan TA 2023 senilai Rp 8 Miliar untuk mendukung pembangunan jalan prioritas dan desa wisata, pengembangan produk kopi dan bantuan lainnya; Rp 20 Miliar bantuan keuangan TA 2022 diperuntukkan untuk mendukung pembangunan jalan prioritas kabupaten.

Sementara untuk Kabupaten Tana Toraja, Adapun bantuan keuangan TA 2023 senilai Rp 31,2 Miliar diperuntukkan untuk pembangunan jalan Buakaya Ollon, ruas prioritas kabupaten, subsidi pesawat, dan lainnya; TA 2022 senilai Rp 22,5 Miliar untuk pembangunan jalan wisata Ollon dan untuk mendukung pembangunan jalan prioritas kabupaten. Bantuan keuangan Provinsi Sulsel juga menyasar untuk pembangunan jalan akses ke bandara Buntu Kunik.

BACA JUGA  Kader PAN se-Sulsel Total Menangkan Sudirman-Fatmawati

Di daerah sekitarnya pula dibangun dalam memperlancar konektivitas ke Toraja. Diantaranya akses daerah terisolir di Bastem atau ruas Bua – Rantepao dan Ruas Bonglo – Pantilang; ada juga ruas Batusitanduk di Luwu dan Jembatan Ilan Batu. Pembangunan itu dilakukan untuk memperlancar akses dari Luwu Raya ke Toraja.

Dalam menghubungkan akses jalan dari Palopo – Luwu – Toraja melalui ruas Palopo – Latuppa – Bonglo – Pantilang – Rantepao, Andi Sudirman mengalokasikan bantuan keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 dan 2023 total Rp 39 Miliar, untuk pengaspalan 10,6 Km.

Pada kabupaten Pinrang dan Enrekang juga dilaksanakan sejumlah pembangunan, seperti pada ruas Paleteang – Malimpung – Malaga – Kabere sebagai wujud konektivitas tiga kabupaten yaitu kabupaten Pinrang, Enrekang dan Tana Toraja, pada ruas tersebut juga dilaksanakan pembangunan dua buah jembatan, kemudian rekonstruksi jalan secara bertahap juga dilakukan pada ruas Tuppu – Pao – Pammulungan yang menghubungkan kabupaten Pinrang dan Tana Toraja.

Sebagai daerah yang dikenal akan keindahan alamnya, Andi Sudirman mendorong pengembangan kawasan wisata Lembah Ollon di Lembang Bau, Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Tana Toraja. Ia mengalokasikan bantuan keuangan yang diperuntukkan untuk pengembangan kawasan tersebut, salah satunya membangun akses jalan menuju objek wisata itu.

Kini, Kawasan wisata itu pun mulai menarik banyak pengunjungnya, apalagi sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Ribuan pelajar juga pernah berkemah di Ollon.

Dalam memperlancar akses mobilitas via darat maupun udara ini untuk memperkuat Toraja yang dikenal sebagai daerah wisata dengan budaya yang khas di Sulsel, Andi Sudirman menghadirkan subsidi penerbangan, diantaranya rute Makassar – Toraja (PP) dan rute Balikpapan – Toraja (PP).

BACA JUGA  Survei IPI: Andi Sudirman-Fatma Unggul Jauh, Elektabilitas Capai 63,4 Persen

Sektor pertanian juga menjadi prioritas pria yang akrab disapa Andalan ini. Bantuan sarana dan prasarana untuk petani, seperti bantuan alsintan, jalan tani, pupuk cair, bibit kopi, embung, sumur bor, irigasi tersier, dan lainnya. Toraja juga menjadi sasaran penyalurkan program Mandiri Benih, dimana dibagikan benih padi yang unggul secara gratis kepada petani.

Adapun di Toraja Utara sebanyak 43.425 kg untuk ditanam dilahan pertanian seluas 1.737 hektar dan di Tana Toraja sebanyak 25 ribu kg untuk ditanam seluas seribu hektar.

Andi Sudirman pun dikenal sebagai sosok pemimpin yang merangkul semua golongan. Apalagi dirinya dikenal dengan sejumlah tokoh agama, organisasi kemahasiswaan, dan masyarakat Toraja. Toraja juga menjadi prioritas dalam alokasi hibah untuk rumah ibadah.

Sekitar Rp 6 Miliar dialokasikan di dua daerah tersebut. Bantuan hibah tersebut untuk sejumlah rumah ibadah, dimana sebagian besar diperuntukkan untuk Gereja.

Ia juga berjiwa sosial yang tinggi. Dirinya selalu menjadi garda terdepan jika terjadi bencana. Sejumlah bantuan Pemprov Sulsel di era kepemimpinannya diberikan untuk korban bencana dan santunan kepada ahli waris korban bencana.

Melalui organisasi Andalan Sulsel Peduli yang dipimpinnya pun, juga senantiasa membantu untuk korban yang mengalami musibah. Seperti saat terjadi bencana tanah longsor yang memakan korban jiwa di Makale, Tana Toraja pada bulan April 2024 lalu. (*)

 

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pilgub Sulsel

Konsolidasi Internal di Gowa, Fatmawati Perkuat Barisan Pemenangan Jelang Pilgub Sulsel 2024

Published

on

Kitasulsel–GOWA Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) kian gencar memanaskan mesin politik menjelang pemilihan gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) 2024.

Dukungan dari kalangan legislator terus mengalir, kali ini mayoritas anggota DPRD Gowa menyatakan sikap untuk memenangkan pasangan Andalan Hati.

Dalam pertemuan yang digelar di Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa, Kamis (19/9/2024), sebanyak 31 dari 45 anggota DPRD Gowa menyatakan komitmennya mendukung Andi Sudirman dan Fatmawati.

Mereka berasal dari partai-partai yang menjadi tulang punggung koalisi, yakni Gerindra dengan 8 kursi, NasDem 6 kursi, PAN 6 kursi, Golkar 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PKS 2 kursi, dan Perindo 1 kursi. Tak hanya itu, partai nonparlemen, seperti PSI, Hanura, dan Gelora, juga turut memberikan dukungannya.

BACA JUGA  Sembilan Parpol Kawal Deklarasi Sederhana Andalan Hati dan Pendaftaran KPU

Fatmawati tampak antusias menyambut dukungan ini. Di hadapan para legislator, dia mengungkapkan rasa bangganya dan menyebut dukungan tersebut sebagai suntikan semangat untuk melanjutkan perjuangan memenangkan Pilgub Sulsel 2024.

“Saya yakin dengan kerja hebat yang dilandaskan kerja cerdas, kerja nyata, dan kerja tuntas kita akan sama-sama menjemput kemenangan,” kata mantan Wakil Wali Kota Makassar ini.

Diketahui, partai pengusung Andalan Hati menyatu meskipun beda usungan untuk Pilkada Gowa yang menghadirkan pertarungan head to head antara Husnia Talenrang-Darmawangsyah Muin (Hati Damai) dengan Amir Uskara-Irmawati Haerudin (Aura).

Hati Damai diusung Gerindra, PAN, Demokrat, Golkar, PKS, Perindo, dan PDIP dengan total kekuatan 26 kursi di DPRD Gowa. Sementara, Aura diusung PPP, PKB, dan Nasdem dengan total 19 kursi.

BACA JUGA  Survei IPI: Andi Sudirman-Fatma Unggul Jauh, Elektabilitas Capai 63,4 Persen

Di sela-sela pertemuan, Fatmawati juga berkesempatan menyapa warga Kecamatan Bajeng dan Bajeng Barat. Dalam suasana yang akrab, dia meminta restu dan dukungan penuh dari masyarakat setempat untuk memenangkan Pilgub Sulsel.

Fatmawati pun memberikan motivasi khusus kepada ibu-ibu yang hadir dengan optimisme bahwa kemenangan sudah dekat. “Melihat semangat dari ibu-ibu yang banyak di sini, saya yakin dan percaya bahwa kemenangan nyata sudah di depan mata,” ucapnya optimistis.

Tak lupa, Fatmawati mengajak masyarakat untuk menyebarluaskan kabar tentang kesiapan Andalan Hati membawa Sulsel maju sesuai jargon Sulsel Maju Berkarakter

“Jadi, kabarkan keluarga, kerabat, dan saudara-ta bahwa Andalan Hati siap melanjutkan Sulawesi Selatan yang lebih maju dan berkarakter,” tambahnya.

BACA JUGA  Milenial Sulsel Andalan Hati Terbentuk di 24 Kabupaten/Kota Se Sulsel

Sebelum bertemu dengan para legislator, Fatmawati juga menggelar konsolidasi internal dengan pengurus DPD NasDem Gowa.

Dalam pertemuan di Gedung Daeng Bollo, Sungguminasa, dia bertemu dengan jajaran pengurus mulai dari tingkat DPD, DPC, hingga DPRt, memperkuat barisan internal partai untuk mempersiapkan strategi kampanye yang lebih solid. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.