Connect with us

Pendidikan

Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar Bangun Kerjasama Dengan Universitas Khairun Pada Pengembangan SDM

Published

on

Kitasulsel–Makassar Universitas Khairun (Unkhair) Ternate dan Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Selayar resmi menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan ini bertujuan untuk menunjang penelitian, pengabdian masyarakat, dan peningkatan sumber daya manusia di kedua institusi.

Acara penandatanganan ini berlangsung di Gedung Rektorat Lt. I ITSBM Selayar Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2024), yang dihadiri oleh sejumlah petinggi dari kedua institusi.

Rektor Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar, Prof. Dr. Akbar Silo, menekankan pentingnya kerjasama ini sebagai bentuk kolaborasi antar perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Saat ini, kita berada dalam satu induk kementerian yang sama, dan kita berada dalam posisi untuk saling berkompetisi. Namun, kita tidak lagi melihat satu sama lain sebagai kompetitor,” ujarnya.

BACA JUGA  UPT SPF SD Inpres Bawakaraeng Makassar Gelar Pelepasan Mahasiswa PPL PPG PJOK UNM

Sebaliknya, ia mengatakan pengembangan jaringan, dan berkolaborasi. Universitas Khairun dapat kita posisikan sebagai pembina dalam kerangka kerjasama ini.

Hal ini Senada, Rektor Universitas Khairun, Dr. M. Ridha Ajam, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah, Selayar atas sambutan yang diberikan.

“Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami, Universitas Khairun. Sebelumnya, kami juga telah menandatangani MoU dengan perguruan tinggi lain di Sulawesi Selatan, seperti Universitas Bosowa, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, dan masih banyak lagi Universitas lainnya,” pungkas rektor.

Menurut rektor, kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ini, penting karena dalam konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kolaborasi itu sangat dibutuhkan.

BACA JUGA  Diskusi Buku BEM Psikologi Unibos: Dihadiri Pembicara Ulung hingga Bahas 99 Sesat Pikir ala Rolf Dobelli

“Adapun tujuan dari kerjasama yang dituangkan dalam MoU ini meliputi kesepakatan untuk mengadakan kemitraan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan peningkatan sumber daya manusia,” paparnya.

Kerjasama ini, diharapkan dapat saling menunjang tugas, maupun fungsi kedua belah pihak sesuai dengan kewenangan masing-masing.

“Semoga kerjasama antara Universitas Khairun dan Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar, dapat membuka jalan bagi peningkatan mutu akademik, dan sumber daya masing-masing perguruan tinggi dalam mendukung Tridharma Perguruan Tinggi,” terangnya.

Dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini, perwakilan dari Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar yang hadir adalah Rektor Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, Ms., Wakil Rektor Muhammad Ihsan Maro, S.Ag., M.Si., Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Drs. Abdullah, M.Pd., serta Kepala Departemen Teknologi dan Bisnis H. Muhammad Arsyad, S.Sos.

BACA JUGA  Harumkan Nama Bangsa, Dosen UIN Alauddin Makassar Pengabdian Masyarakat di Australia

Sementara itu, dari pihak Universitas Khairun, yang hadir dalam acara ini adalah Rektor Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum., Wakil Rektor II Dr. Abdullah W. Jabid, SE., M.Si., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prof. Dr. Abdu Mas’ud, S.Pd., M.Pd., Dekan Fakultas Teknik Endah Harisun, ST., MT., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Prof. Dr. Sundari, S.Pd., M.Pd., Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Dr. Abdul Gaus, ST., MT., serta Prof. Dr. Ir. Mufti Amir Sultan, ST., MT., dan Ketua Jurusan IPS Dr. Rusman, S.Pd., M.Pd. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pendidikan

Dosen FIP UNM Perkuat Fungsi Humas Sekolah di Toraja dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva di Era Digital

Published

on

Kitasulsel–TORAJA Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP UNM) yang terdiri dari Dosen Administrasi Pendidikan dan Pendidikan Luar Sekolah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) PNBP Tahun 2024.

Kegiatan tersebut diadakan di SMA Negeri 3 Tana Toraja, Senin, 16 September 2024.

Peserta terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan SMA Kab. Tana Toraja.

Program yang bertajuk “Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Mendukung Humas Sekolah di Era Digital” ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan Canva sebagai alat desain visual yang efektif dan efisien. Canva, yang dikenal luas sebagai platform desain grafis berbasis web, menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pembuatan materi promosi, pengumuman, dan konten media sosial dengan tampilan profesional.

BACA JUGA  Harumkan Nama Bangsa, Dosen UIN Alauddin Makassar Pengabdian Masyarakat di Australia

Dr. Ansar, M.Si. selaku Ketua Tim PKM berharap kegiatan tersebut bisa berdampak positif bagi mengoptimalkan fungsi manajemen humas sekolah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran humas sekolah dalam menjalankan fungsinya terutama dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat luas yang beradaptasi di era digital saat ini. Ujar Ansar.

Pemanfaatan Canva memberikan solusi praktis bagi sekolah yang ingin meningkatkan visibilitas mereka dan berkomunikasi lebih efektif dengan masyarakat.

Pelatihan ini melibatkan serangkaian workshop. Selama workshop, peserta belajar membuat desain flayer, poster, brosur, dan desain twibbon yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengumuman acara sekolah, informasi pendaftaran, serta materi promosi lainnya.

Kegiatan PKM tersebut melibatkan dua dosen UNM, yaitu, Dr. Kartini Marzuki, M.Si., Ahmad Restani Syukron, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Ansar, M.Si., selaku Ketua Tim PKM. Sumber dana kegiatan ini berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNM melalui PKM PNBP tahun anggaran 2024.

BACA JUGA  Pesta Perkemahan Jambore Cabang XIII Digelar Pekan Ini, Wali Kota Makassar Dijadwalkan Membuka Jambore

Program ini diharapkan dapat diimplemantasikan dalam bentuk nyata melalui sosial media sekolah yang terupdate secara intens dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan hubungan publik mereka.(*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.