Connect with us

Pendidikan

UPT SPF SMPN Negeri 31 Makassar Bentuk Tim Inovasi Si Adik (Sistem Informasi Akademik Peserta Didik)

Published

on

Kitasulsel–Makassar UPT SPF SMPN 31 Makassar Membentuk tim inovatif dalam mengembangkan sistem pembelajaran disekolah. Hal ini dikatakan Drs. Anwar, M.Pd., selaku Kepala Sekolah (Kepsek), Jumat (06/09/2024).

Menurutnya, gagasan utama yang diluncurkan oleh tim berupa inovasi yang diberi nama “Si Adik’’

(Sistem Informasi Akademik Peserta Didik).

Inovasi ini dilatarbelakangi oleh berbagai tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan, ucapnya.

Lanjut Drs. Anwar, M.Pd, menjelaskan, seperti yang terdapat dalam ruang lingkup smpn 31 makassar, perlu adanya pengembangan sistem pemberitahuan kepada seluruh warga sekolah (guru, orang tua siswa dan siswa(i)

Pengunaan “Si Adik’’ bermanfaat dalam mengontrol data kehadiran, nilai, hingga masalah siswa(i)

BACA JUGA  Diskusi Buku BEM Psikologi Unibos: Dihadiri Pembicara Ulung hingga Bahas 99 Sesat Pikir ala Rolf Dobelli

dapat diakses secara menyeluruh.

Guru dapat mengelola dan mendistribusikan informasi secara lebih efisien, sementara siswa dan orang tua dapat dengan mudah menemukan dan mengakses

informasi penting tanpa hambatan.

Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi, komunikasi, dan keterlibatan semua pihak dalam proses pendidikan, sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan efektif di SMPN 31 Makassar.

Dengan demikian, “Si Adik’’ tidak hanya berperan dalam memfasilitasi komunikasi dan

transparansi antara guru, siswa, dan orang tua, tetapi juga membentuk kesadaran peserta didik akan pentingnya kesiapan menghadapi era digital dalam dunia pendidikan, jelasnya.

Drs. Anwar, M.Pd, menambahkan, melalui sistem ini, siswa diajak untuk lebih bertanggung jawab terhadap kehadiran dan perkembangan akademik mereka sendiri, serta terbiasa dengan penggunaan teknologi dalam mendukung proses belajar.

BACA JUGA  Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar Bangun Kerjasama Dengan Universitas Khairun Pada Pengembangan SDM

Inovasi ini menjadi langkah penting dalam mempersiapkan peserta didik SMPN 31 Makassar untuk bersaing dan beradaptasi di era digital yang terus berkembang, tutupnya kepada awak media.(Andis)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pendidikan

Dosen FIP UNM Perkuat Fungsi Humas Sekolah di Toraja dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva di Era Digital

Published

on

Kitasulsel–TORAJA Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP UNM) yang terdiri dari Dosen Administrasi Pendidikan dan Pendidikan Luar Sekolah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) PNBP Tahun 2024.

Kegiatan tersebut diadakan di SMA Negeri 3 Tana Toraja, Senin, 16 September 2024.

Peserta terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan SMA Kab. Tana Toraja.

Program yang bertajuk “Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Mendukung Humas Sekolah di Era Digital” ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan Canva sebagai alat desain visual yang efektif dan efisien. Canva, yang dikenal luas sebagai platform desain grafis berbasis web, menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pembuatan materi promosi, pengumuman, dan konten media sosial dengan tampilan profesional.

BACA JUGA  UPT SPF SMP Negeri 15 Makassar Gelar Pelantikan Tim Pattasa, Ini Kata Herni Marlinda Selaku Kespek

Dr. Ansar, M.Si. selaku Ketua Tim PKM berharap kegiatan tersebut bisa berdampak positif bagi mengoptimalkan fungsi manajemen humas sekolah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran humas sekolah dalam menjalankan fungsinya terutama dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat luas yang beradaptasi di era digital saat ini. Ujar Ansar.

Pemanfaatan Canva memberikan solusi praktis bagi sekolah yang ingin meningkatkan visibilitas mereka dan berkomunikasi lebih efektif dengan masyarakat.

Pelatihan ini melibatkan serangkaian workshop. Selama workshop, peserta belajar membuat desain flayer, poster, brosur, dan desain twibbon yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengumuman acara sekolah, informasi pendaftaran, serta materi promosi lainnya.

Kegiatan PKM tersebut melibatkan dua dosen UNM, yaitu, Dr. Kartini Marzuki, M.Si., Ahmad Restani Syukron, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Ansar, M.Si., selaku Ketua Tim PKM. Sumber dana kegiatan ini berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNM melalui PKM PNBP tahun anggaran 2024.

BACA JUGA  Rektor UNM jadi Pembicara pada Forum Simponsium Antar Bangsa 2024 di Malaysia

Program ini diharapkan dapat diimplemantasikan dalam bentuk nyata melalui sosial media sekolah yang terupdate secara intens dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan hubungan publik mereka.(*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.