Connect with us

Dinas kesehatan Makassar

Dinkes Makassar Berbagi Tips Mempertahankan Berat Badan, Patut Dicoba!

Published

on

Kitasulsel–Makassar Memiliki badan sehat dan bugar dengan berat ideal merupakan keinginan banyak orang. Namun bagaimana kita dapat mempertahankan? tentu menjadi tantangan berat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar belum lama ini, menyebut menjaga berat badan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Sayangnya, tak sedikit orang melakukan cara menurunkan berat badan yang instan tanpa memperhatikan efeknya.

Untuk itu, Dinkes kota Makassar berbagi beberapa tips yang patut dicoba untuk mempertahankan berat badan.

1. Pola Makan Seimbang

Konsumsi makanan sehat dengan porsi yang tepat. Fokus pada makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan olahan dan berlemak tinggi.

BACA JUGA  Dinkes Makassar Boyong 21 Unit Hyundai Stargazer Model Ambulance untuk Kebutuhan Emergency di Puskesmas

2. Tetap Aktif Secara Fisik

Lakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti olahraga ringan, berlari, atau berjalan kaki. Cobalah untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu untuk membantu menjaga berat badan.

3. Pantau Berat Badan Secara Berkala

Timbang berat badan Anda secara teratur, misalnya sekali seminggu. Ini membantu Anda lebih cepat menyadari perubahan yang mungkin terjadi, sehingga bisa segera menyesuaikan pola makan dan olahraga.

4. Perhatikan Asupan Kalori

Jaga agar asupan kalori tetap seimbang dengan kebutuhan harian. Menghindari makan berlebihan bisa membantu mengontrol berat badan jangka panjang.

5. Tetap Terhidrasi

Minum air putih secara cukup membantu tubuh tetap sehat dan mengurangi rasa lapar yang terkadang disalahartikan sebagai kehausan.

BACA JUGA  Dinsos Minta Dinkes Terlibat Tangani ODGJ, Begini Respon Kadinkes Makassar

6. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, membuat Anda lebih mungkin makan berlebihan. Usahakan tidur 7-9 jam setiap malam.

7. Kelola Stres

Stres dapat menyebabkan makan berlebihan atau memilih makanan tidak sehat. Coba teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk mengelola stres. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dinas kesehatan Makassar

Cacar Monyet Mulai Merebak, Dinkes Makassar Imbau Warga Tetap Waspada

Published

on

Kitasulsel–Makassar Belum lama ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengungkapkan bahwa pemerintah sempat menerima sejumlah laporan kasus suspek penyakit cacar monyet (Mpox) di beberapa titik, termasuk Bali dan Jakarta.

Merespon penyakit Mpox yang kini mulai menjadi perhatian, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar dr Nursaidah Sirajuddin mengatakan, belum ada warga Makassar yang terindentifikasi cacar monyet.

“Di Makassar sampai hari ini Alhamdulillah tidak ada (pasien terindikasi infeksi cacar monyet) dan semoga tidak ada,” terangnyq, Minggu (8/9/2024).

Meski begitu, dr Ida mengatakan, masyarakat harus tetap waspada terhadapat cacar monyet. Disarankan untuk selalu hidup bersih.

“Mulailah dengan hidup bersih, dan peka terhadap apa yang dialami oleh diri sendiri, dan orng sekitar, lebih cepat di melapor ke pihak kesehatan akan lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

BACA JUGA  Dinkes Genjot Implementasi KTR di Kota Makassar Menuju Kepatuhan 80 Persen

dr Ida menjelaskan, cacar monyet adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus langka dari hewan (zoonosis) atau lebih umum disebut sebagai virus monkeypox.

Penyakit ini ditemukan pertama kali pada tahun 1970 di Kongi, Afrika Selatan. Penyebutan cacar monyet dikarenakan monyet merupakan inang utama dari virus monkeypox.

“Penyakit ini dapat tertular melalui kontak langsung dengan luka yang terkontaminasi virus, droplet, dan cairan tubuh (saat batuk atau bersin),”

“Kalau penularan dari hewan ke manusia bisa terjadi lewat gigitan hewan, kontak langsung dengan atau kulit hewan, atau menyentuh benda yang terkontaminasi virus,” tambahnya.

Pencegahan utama cacar monyet adalah menghindari kontak langsung dengan orang-orang yang sedang terinfeksi, atau hewan primata dan pengerat, seperti monyet dan tupai.

BACA JUGA  Pemkot Makassar Dorong Kepatuhan OPD Terkait Kebijakan KTR di Gedung Pemerintahan

“Itu cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindari dari cacar monyet,” tutupnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.