Connect with us

Pemkot Makassar

Jumlah Stunting di Makassar Meningkat, Danny: Terkendala Deteksi Kasus

Published

on

Kitasulsel–Makassar – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menyebut, penyelesaian masalah stunting di Makassar mengalami kendala.

Hal tersebut ia sampaikan menyusul hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023, menunjukkan prevalensi stunting di Kota Makassar meningkat dari 18,04% menjadi 25,6%.

Kata Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, tantangan terbesar yang dihadapi saat ini adalah mendeteksi kasus stunting.

“Tantangan terbesarnya adalah bagaimana menemukan stunting, dan bagaimana menemukan setiap pendatang baru yang membawa anak stunting, itu yang perlu,” ujarnya, Senin (16/9/2024).

Menurutnya, langkah pencegahan akan lebih efektif jika deteksi dini dapat dilakukan secara menyeluruh.

Namun hingga saat ini, Pemerintah Kota Makassar terus berupaya menekan angka stunting melalui berbagai program intervensi yang telah berjalan.

BACA JUGA  Cakupan Kepesertaan JKN Capai 99%, Makassar Terima UHC Award 2024

Salah satu langkah yang dilakukan adalah pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di seluruh posyandu.

“Tapi tetap masih dihadapkan beberapa kendala, terutama dalam pemantauan pertumbuhan balita,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa akan terus melakukan pemenuhan dalam hal penurunan angka stunting di Kota Makassar hingga zero stunting. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pemkot Makassar

Sebut Makassar Siap Hadapi Kekeringan, Danny: InsyaAllah Bisa Dihadapi

Published

on

Kitasulsel–Makassar Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mulai mempersiapkan berbagai program dan skema untuk menghadapi kekeringan yang kini mulai terjadi di musim kemarau.

“Jadi kita sudah ramalkan itu, kita sudah stand by, sebab sudah seperti tahun lalu, dan inikan akan terjadi setiap tahun,” ujarnya kepada awak media, Rabu (18/9/2024).

Kata Danny, sapaan Ramdhan, Pemerintah Kota Makassar telah siap sebelum adanya laporan Bendung Leko Pancing menunjukkan air baku berada -290 cm di bawah permukaan mercu.

Ia menjelaskan, pihkanya telah menyiapkan 15 unit sumur bor tahun ini, yang tersebar di berbagai titik di Kota Makassar dengan melihat kluster.

BACA JUGA  Danny Pomanto: Platform IMMIM.ID Dukung Pemkot Makassar Jawab Tantangan Zaman dan Melindungi Moral Bangsa

“Kita kan punya sumur dalam, makanya pemanfaatan sumber-sumber dalam tahun lalu (2023) ada 11 sumur, tahun ini kalau tidak salah ada 12 atau 15 itu dan itu kita manfaatkan dengan bagus dan baik, untuk berkluster-kluster kecil, kalau kluster terbesar kita supply dari Selatan,” ujarnya.

“Tahun lalu kita bisa lewati insyaAllah tahun ini juga bisa yang penting kita bersungguh-sungguh,” tambahnya.

Tak hanya itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar telah menyebarkan air bersih dengan membuka layanan bantuan air bersih gratis.

“Ini khusus bagi pelanggan yang terdampak kemarau di Kota Makassar, yang pastinya Kita akan selalu ada di tengah-tengah masyarakat,” tergasnya.

Kota Makassar juga telah membangun secara permanen Intake Manggala di Moncongloe, dan beberapa tempat lainnya.

BACA JUGA  Danny Pomanto Komitmen Wujudkan Jadikan TPA Manggala Jadi RTH Terbaik di Makassar

Selain itu, Danny Pomanto meminta seluruh dinas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PDAM dan Damkarmat Kota Makassar untuk terus berkordinasi selama musim kemarau.

“Saya turunkan semua BPBD, PDAM dan Damkarmat untuk melihat dan mengantisipasi lansung dan cepat selama musim kemarau,” tutup Danny. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.