Connect with us

Survei PPI Simulasi 3 Pasang Pilwali Makassar: Appi – Aliyah 44%, Indira – Ilham 28% dan Seto – Kiki 7,7%

Published

on

Kitasulsel–Makassar Lembaga Survei Parameter Publik Indonesia (PPI) merilis temuannya terhadap elektoral bakal pasangan calon di Pilwali Makassar, 27 November mendatang.

Temuan Survei PPI ini dipaparkan dengan mengangkat tema ‘Tiga Pekan Menjelang Pendaftaran Pilwali Makassar, Figur Kuat dan Persoalan Ekonomi’ yang digelar di Hotel Mercure, Makassar, Rabu (7/8/2024).

Dalam survei yang dilakukan PPI pada tanggal 25 sampai 31 Juli 2024, turut memotret simulasi tiga pasang calon.

Antaranya Munafri Arifuddin berpaket dengan Aliyah Mustika Ilham memiliki elektoral tertinggi sebesar 44,2 persen.

Disusul Indira Yusuf Ismail – Ilham Fauzi Amir Uskara dengan presentase 28 persen. Kemudian Andi Seto Asapa – Rezky Mulfiati Lutfi memiliki presentase 7,7 persen. Sementara swing voters atau belum menentukan pilihan sebesar 20,1 persen.

“Jadi pertarungan (Pilwali) Makassar itu bisa dibilang Munafri Arifuddin dan Indira Yusuf Ismail. Kita juga mencoba simulasi head to head antara Appi dan Seto, Indira dan Seto, tetapi Seto memang tidak kuat untuk melawan,” kata Direktur Eksekutif PPI, Ras MD dalam pemaparannya.

Selain simulasi pasangan, PPI juga memotret elektoral figur – figur yang punya kans maju di Pilwali Makassar. Mulai simulasi enam nama sampai empat nama.

Simulasi enam nama, Munafri Arifuddin memiliki elektoral tertinggi mencapai 22,7 persen, disusul Indira Yusuf Ismail 15,2 persen, Andi Seto Asapa 4,1 persen,

Rahman Bando 1,8 persen, Amri Arsyid 1,1 persen. Lalu lainnya 0,7 persen, rahasia 0,5 persen, belum menentukan 24,5 persen

tidak tahu 28 persen.

Kemudian dikerucutkan menjadi empat nama, Munafri Arifuddin masih kokoh dengan elektoral 44,8 persen, Indira 31, 1 persen, Seto 10,5 persen, Rahman Bando 4,3 persen. Kemudian swing voters 9,3 persen.

“Secara konsisten Munafri Arifuddin memimpin elektabilitas tertinggi. Urutan kedua adalah Indira Yusuf Ismail. Lalu bagaimana dengan Seto, kami menemukan kurang dari 10 persen dari semua simulasi kita buat,” katanya.

Ras Md menjelaskan, survei yang dilakukan PPI menggunakan

metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 440 orang, dilakukan wawancara tatap muka.

Adapun margin of eror 4,8 persen.

“Secara data Parameter Publik Indonesia akurat mengenai temuan perilaku pemilih Kota Makassar. Kami ingin sampaikan sangat bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Tak hanya itu, survei PPI ini juga memotret pemetaan dukungan gender terhadap Munafri Arifuddin, Indira Yusuf Ismail dan Andi Seto Asapa.

Hasilnya dukungan pemilih laki – laki kepada Munafri sebesar 49,1 persen,

Indira 24,5 persen, Seto 7,3 persen, lainnya 12,3 persen dan belum menentukan pilihan 6,8 persen.

Sementara pemetaan pemilih perempuan Indira teratas dengan presentase 35,5 persen, Munafri 34,1 persen, Seto 10,5 persen, lainnya 13,6 persen dan belum menentukan pilihan 7,3 persen.

“Pertama yang ingin saya garis bawahi, survei ini memotret perilaku pemilih hari ini. Artinya Pilwali akan berlangsung 4 bulan ke depan, dinamika masih besar. Terjadinya perubahan tergantung isu apa yang terbangun,” kata Ras Md.

Menurut Ras, beberapa faktor dapat mempengaruhi survei tersebut, mulai isu kasus hukum, menyangkut pesonal hingga black campaign.

” Faktor besar yang mempengaruhi tentu soal sunami politik, kasus hukum, personal atau black campaign. Jadi itu faktor- faktornya. Yang merusak elektoral, peristiwa hukum, menyangkut personal dan sunami sunami politik lainnya,” imbuhnya. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dinas Koprasi Makassar

Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Global, Diskop Makassar Gelar Pelatihan bagi UMKM

Published

on

Kitasulsel–Makassar Kewirausahaan memang sangat erat kaitannya dengan inovasi dan memanfaatkan peluang baru, Kedua hal ini agar dapat adaptif terhadap perubahan yang terjadi di era digital saat ini.

Mendorong hal tersebut, Dinas Koperasi (Diskop) kota Makassar menggelar pelatihan meningkatkan inovasi dan peluang UMKM kuliner dan fashion lokal beradaptasi dengan tren global, di Balaikota Makassar, Kamis (19/9/2024).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Muhammad Rheza mengatakan, setidaknya 250 peserta akselarasi hadir dalam pelatihan.

Peserta akselarasi merupakan, anggota binaan dinas koperasi yang telah siap bersaing dalam pasar yang lebih besar.

“Kalau kita di pendaftaran online ini, sudah ada 400 tapi kalau dilihat yang ikut itu 250,” ujarnya.

Kata Rheza, sejumlah pemateri praktis disiapkan untuk untuk menciptakan kesempatan bagi pelaku usaha mempersiapkan diri ke pasar lebih luas.

“Pemateri yang memng betul-betul terbaik, dia praktisi bukan teori. Kita memang undang orang yang sudah berpengalaman dan orang yang sudah berhasil. Kehadirannya juga untuk memotivasi pelaku UMKM,” jelasnya.

Tujuan dalam pelatihan ini merupakan, bentuk komitmen Diskop Makassar meningkatkan kualitas UMKM agar siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi serta mendorong pelaku usaha dan UMKM menjadi instrumen pertumbuhan ekonomi.

“Bagaimana mereka bisa lebih membuka cakrawala berpikir, lebih berkembang pola pikir yang pada hal-hal sepele,” jelasnya.

Apalagi, branding Makassar sebagai Kota Makan Enak, tentu saja kuliner yang mengandung kearifan lokal Bugis-Makassar harus menonjol.

Rheza mencontohkan, Italia terkenal dengan Pizzanya jika UMKM kuliner Makassar terus menyatukan pandangan dan mau berkembang kuliner yang ada tentu bisa dikenal mancanegara.

“Kita punya kearifan lokal, punya makanan khas Bugis Makassar. Sekarang bagaimana agar orang-orang luar tahu makanan kita,” terangnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.