Connect with us

Pendidikan

Tim Indonesia meraih medali pada olimpiade standar internasional

Published

on

Kitasulsel–JAKARTA Tim pelajar Indonesia berhasil memberi kado kemerdekaan pada HUT ke-79 RI dengan meraih medali perak dan perunggu pada ajang olimpiade standar internasional ke-19 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Standar Korea (KSA) pada 12-14 Agustus 2024.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) Badan Standardisasi Nasional (BSN) Arini Widyastuti dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, mengapresiasi capaian dari tim pelajar Indonesia.

“Capaian silver (perak) prize dan bronze (perunggu) prize ini merupakan kado istimewa bagi Indonesia pada peringatan HUT RI. Prestasi ini sangat membanggakan karena putra-putri terbaik bangsa berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional dalam bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian,” katanya.

BACA JUGA  Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah Selayar Bangun Kerjasama Dengan Universitas Khairun Pada Pengembangan SDM

Capaian tersebut berhasil diraih oleh Tim Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo yang mendapatkan medali perak serta Tim SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya yang meraih medali perunggu.

Tim Tim SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya berhasil meraih medali perunggu pada ajang olimpiade standar internasional yang diselenggarakan di Korea Selatan pada 12-14 Agustus 2024. ANTARA/HO-BSN

Tim dari MAN Insan Cendekia Gorontalo terdiri atasi Tiara Myreen Alilatulbariza Husain, Marha Rifani Fayza Bahsuan, dan Aiko Auliah Hasmin Tamsah. Sementara itu, tim dari SMAK St. Louis 1 Surabaya diwakili oleh Gabriella Esther Lauwson, Jovita Alim, dan Konstantin.

Kedua tim merupakan juara 1 dan 2 pada Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) Tingkat SMA/SMK tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

BACA JUGA  Fun Walk Dies Unhas ke-68 Dimeriahkan Tarian Kolosal dan Rektor Baca Puisi

“Prestasi ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk memajukan bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian, baik di tingkat nasional maupun internasional. Semoga capaian ini menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk lebih mendalami dan mengembangkan pengetahuan di bidang ini,” ucap Arini.

Olimpiade yang diikuti oleh 40 tim dari 10 negara tersebut menantang para peserta menyusun naskah standar internasional dengan topik “Artificial Intelligence – Guidance on the Ethical Practices for Artificial Intelligence”.

Kompetisi yang telah digelar sejak tahun 2006 itu tidak hanya menguji pengetahuan teoritis tentang standardisasi, tetapi juga mengintegrasikan kreativitas, pengetahuan ilmiah, dan teknologi, serta memberikan peluang bagi generasi muda untuk mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuan mereka di bidang standardisasi. (*)

BACA JUGA  UPT SPF SMP Negeri 15 Makassar Gelar Penepatapan Hari Aksi Siswa Anti Polusi

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pendidikan

Dosen FIP UNM Perkuat Fungsi Humas Sekolah di Toraja dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva di Era Digital

Published

on

Kitasulsel–TORAJA Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP UNM) yang terdiri dari Dosen Administrasi Pendidikan dan Pendidikan Luar Sekolah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) PNBP Tahun 2024.

Kegiatan tersebut diadakan di SMA Negeri 3 Tana Toraja, Senin, 16 September 2024.

Peserta terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan SMA Kab. Tana Toraja.

Program yang bertajuk “Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Mendukung Humas Sekolah di Era Digital” ini bertujuan untuk membantu sekolah-sekolah dalam mengoptimalkan penggunaan Canva sebagai alat desain visual yang efektif dan efisien. Canva, yang dikenal luas sebagai platform desain grafis berbasis web, menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pembuatan materi promosi, pengumuman, dan konten media sosial dengan tampilan profesional.

BACA JUGA  SMPN 1 Makassar Dikunjungi Kabid SMP, Pantau Pelaksanaan ANKB Tahun 2024

Dr. Ansar, M.Si. selaku Ketua Tim PKM berharap kegiatan tersebut bisa berdampak positif bagi mengoptimalkan fungsi manajemen humas sekolah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran humas sekolah dalam menjalankan fungsinya terutama dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat luas yang beradaptasi di era digital saat ini. Ujar Ansar.

Pemanfaatan Canva memberikan solusi praktis bagi sekolah yang ingin meningkatkan visibilitas mereka dan berkomunikasi lebih efektif dengan masyarakat.

Pelatihan ini melibatkan serangkaian workshop. Selama workshop, peserta belajar membuat desain flayer, poster, brosur, dan desain twibbon yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pengumuman acara sekolah, informasi pendaftaran, serta materi promosi lainnya.

Kegiatan PKM tersebut melibatkan dua dosen UNM, yaitu, Dr. Kartini Marzuki, M.Si., Ahmad Restani Syukron, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Ansar, M.Si., selaku Ketua Tim PKM. Sumber dana kegiatan ini berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNM melalui PKM PNBP tahun anggaran 2024.

BACA JUGA  Sekolah Penggerak UPT SPF SDI Malimongan Baru Makassar, Lakukan Penngimbasan di UPT SPF SDI Camba'ya IV

Program ini diharapkan dapat diimplemantasikan dalam bentuk nyata melalui sosial media sekolah yang terupdate secara intens dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan hubungan publik mereka.(*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.