Connect with us

DPR Makassar

Dilantik 24 September, Puluhan Anggota DPRD Sulsel Terpilih Ikuti Geladi Bersih

Published

on

Kitasulsel–Malassar Sekretariat DPRD Sulsel menggelar acara geladi bersih untuk pelantikan 85 wakil rakyat periode 2024-2029 di ruang Paripurna lantai 3 pada Minggu (15/9/2024).

Mayoritas anggota DPRD Sulsel terpilih itu hadir, hanya saja sejumlah petahana yang tak kelihatan diantaranya Edward Wijaya Horas, Firmina Tallulembang, Marjono, Vonni Ameliani dan pendatang baru Andi Tenri Indah.

Sekretaris DPRD Sulsel M Jabir mengatakan, prosesi pelantikan akan digelar pada Selasa 24 Oktober 2024 pagi.

Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Makassar akan memimpin sumpah janji, beliau meminta pukul 08.00 Wita acara dimulai karena setelah itu dia akan berangkat ibadah umrah,” ujar Jabir kepada wartawan.

BACA JUGA  Anggota DPRD Kota Makassar Periode 2024-2029 resmi dilantik

Jabir melanjutkan undangan yang bisa mendampingi anggota dewan terpilih hanya satu orang, mengingat kapasitas ruangan paripurna sangat terbatas.

“Tetapi keluarga bapak ibu anggota dewan kami siapkan tempat di fraksi masing-masing,” tuturnya.

Setelah pelantikan, para wakil rakyat terpilih itu diwajibkan untuk mengikuti orientasi sebagai salah satu syarat legislator saat ingin berkegiatan.

“Kalau tidak mengikuti orientasi tidak boleh berkegiatan, kami sudah komunikasi di Diklat Kemendagri, kita dikasih waktu pada 30 September sampai 4 Oktober,” tegasnya. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

DPR Makassar

DPRD Sulsel Kembali Dipimpin Perempuan, Andi Rachmatika Dewi Resmi Jadi Ketua

Published

on

Kitasulsel–MAKASSAR – Andi Rachmatika Dewi politisi Partai NasDem, didapuk jadi ketua DPRD Sulsel periode 2024-2029.

Dipilihnya Andi Rahmatika Dewi menguatkan kembali posisi perempuan di politik Sulsel, di mana dalam dua periode berturut-turut pucuk pimpinan dipegang oleh perempuan.

Sekadar diketahui, Ketua DPRD Sulsel periode 2019-2024 dijabat oleh politisi Golkar Andi Ina Kartika Sari.

Cicu sapaan Andi Rachmatika Dewi ditetapkan sebagai Ketua DPRD Sulsel melalui surat keputusan DPP Nasdem Nomor: 27-SK/AKD/DPP-NasDem/VIII/2024. Dokumen ini diteken langsung oleh Surya Paloh dan Hermawi Tazlim.

Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif mengonfirmasi ditunjuknya Cicu sebagai Ketua DPRD Sulsel.

“DPP memutuskan dan menetapkan drg. A. Rachmatika Dewi Yustitia Iqbal sebagai ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan periode 2024-2029 dari Partai Nasdem,” kata Sekretaris Partai NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif pada Selasa (17/9/2024).

BACA JUGA  Terpilih Jadi Ketua Sementara DPRD Makassar: Supratman Siap Pimpin Pelantikan Senin

Cicu terpilih untuk ketiga kalinya ke DPRD Sulsel dari dapil 1 yang meliputi 11 kecamatan di Kota Makassar. Dari dapil ini, Ketua Nasdem Makassar itu meraup 46.375 suara.

Muhammad Sadar Jadi Ketua Fraksi NasDem

Selain itu, DPP Partai NasDem juga menetapkan Muhammad Sadar sebagai Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulsel.

Muhammad Sadar merupakan anggota DPRD Sulsel terpilih dari Dapil 6. Ia mengganti Tasming Hamid yang mundur untuk maju sebagai bakal calon wali Kota Parepare.

Sadar tidak lain adalah Bendahara DPW Nasdem Sulsel. Sebagai pengganti Tasming Hamid, Sadar memperoleh 21.511 suara dari Dapil Sulsel 6.

Syahar menuturkan bahwa, keputusan tersebut berdasarkan perolehan kursi atau suara Partai Nasdem pada pemilu tahun 2024 sebagai pemenang pemilu mendapatkan hak untuk menetapkan kadernya di pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

BACA JUGA  PPP Putuskan Irwan Hasan Ketua Fraksi di DPRD Makassar

“Ini juga berdasarkan hasil usulan nama dari DPW dan wawancara oleh DPP Partai Nasdem bahwa nama-nama yang diusulkan untuk diangkat sebagai pimpinan DPRD,” jelasnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.