Connect with us

Politics

Andi Seto Asapa Berhasil Pimpin Sinjai, Berani Maju di Pilkada Makassar

Published

on

Kitasulsel–Makassar Andi Seto Gadhista Asapa resmi melenggang sebagai kontestan Pilkada Makassar 2024. Ia adalah calon wali kota Makassar termuda, usia 40 tahun.

Berbagai pencapaian selama masa kepemimpinannya di Kabupaten Sinjai pada periode 2018-2023, menjadi modal kuat Seto untuk memimpin Kota Makassar selama lima tahun ke depan.

Keputusan Seto bertarung di Pilkada Kota Makassar tergolong berani. Sebab, lazimnya seorang kepala daerah yang baru menjabat satu periode di suatu daerah, hampir pasti kembali maju untuk periode kedua.

Tapi, Seto justru putar haluan. Pencapaiannnya selama lima tahun memimpin Kabupaten Sinjai menjadi pengalaman untuk mengabdi di tanah kelahirannya, Kota Makassar.

Apa saja capaian anak muda ini memimpin Sinjai? Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), Seto berhasil menggenjot pertumbuhan ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sinjai. Selain itu, angka kemiskinan dan pengangguran dapat ditekan.

Pada awal kepemimpinannnya di Kabupaten Sinjai, tingkat pengangguran pada tahun 2018 berada diangka 1,95% dan naik menjadi 2,65% di tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Namun, Seto mampu mengatasi tantangan tersebut dan menurunkan angka pengangguran menjadi 1,69% pada Agustus 2023.

BACA JUGA  Warga Kelurahan Sambung Jawa Dukung Cawalkot Indira Lanjutkan Kebaikan Kota Makassar

Selain itu, tingkat kemiskinan di Sinjai juga mengalami penurunan signifikan. Di awal masa jabatannya, tingkat kemiskinan berada di angka 9,28%, dan pada Maret 2023 berhasil turun menjadi 8,55%.

Pencapaian ini menjadi bukti efektivitas program-program pengentasan kemiskinan yang diimplementasikan Seto.

Begitupun dengan pertumbuhan ekonomi Sinjai yang terus meningkat. Pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 1,55% saat pandemi Covid-19 menghantam perekonomian dunia. Namun, angka ini lalu melonjak tajam menjadi 4,87% pada tahun 2022 dan mencapai 5,71% di tahun 2023.

Hal ini menunjukkan keberhasilan kebijakan yang diterapkan dalam memperkuat ekonomi lokal.

Seto juga berhasil memperbaiki kesenjangan distribusi pendapatan di Sinjai, yang tercermin dalam angka Gini Ratio.

Pada tahun 2018, Gini Ratio berada di angka 0,369, menandakan ketimpangan yang cukup tinggi. Kondisi ini berlanjut akibat pandemi menjadi 0,372 di tahun 2020.

Seto mampu memulihkan situasi pada tahun 2022. Angka Gini Ratio turun menjadi 0,357 dan terus membaik pada tahun 2023 dengan angka 0,345.

Penurunan ini menunjukkan adanya peningkatan pemerataan ekonomi di bawah kepemimpinan Seto melalui program berbasis potensi yang dimiliki Kabupaten Sinjai.

BACA JUGA  Pelayanan Kesehatan Paripurna Seto-Rezki Mulai Digelar di Dua Kecamatan di Makassar

Tidak hanya ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sinjai juga mencatat peningkatan signifikan selama masa kepemimpinan Andi Seto.

Pada tahun 2018, IPM Sinjai berada di angka 66,24, dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 71,20. Peningkatan ini mencerminkan kemajuan dalam sektor pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Hal ini tidak terlepas dengan program perlengkapan sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP, serta pelayanan kesehatan gratis yang hanya mempersyaratkan KTP setempat.

Atas berbagai capaian tersebut, Seto meraih 57 penghargaan, baik internasional, nasional, dan tingkat provinsi. Salah satunya adalah penghargaan dari Microsoft Asia Pasifik atas inovasi pembelajaran digital metode Case Study Colaboration (CSC).

Dengan modal pencapaian yang signifikan selama menjabat di Sinjai, Andi Seto kini berharap dapat membawa perubahan di Makassar, kota kelahirannya. Kesuksesannya di Sinjai diharapkan menjadi bekal untuk mewujudkan “Makassar Nyaman”.

“Kami sudah melakukan yang terbaik untuk Sinjai, dan Insyaallah pondasi yang sudah kami letakkan tinggal dilanjutkan oleh pemimpin selanjutnya. Pembangunan ini bukan hasil kerja selama lima tahun saja, melainkan sudah dimulai sejak lama dan kini tinggal disempurnakan,” ujar Seto.

BACA JUGA  Perindo Serahkan Rekomendasi B1 – KWK ke Appi-Aliyah Maju di Pilwali Makassar

Kini, Seto ingin mengabdikan dirinya di Kota Makassar, tanah kelahiran dan tempat ia tumbuh besar. Sikap pengabdian ini diajarkan oleh kedua orangtuanya, almarhum Andi Rudiyanto Asapa dan Felicitas Tallulembang.

Ayahnya adalah seorang pengacara yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Sinjai, sementara ibunya adalah seorang dokter yang memulai karier sebagai dokter umum di Takalar dan pernah menjadi Direktur Rumah Sakit di Sinjai.

“Saya bangga dengan orang tua saya, mereka adalah sosok yang mendedikasikan hidupnya untuk masyarakat. Ini yang selalu mereka ajarkan kepada saya: hidup bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk memberi manfaat bagi banyak orang,” ungkap Seto.

Menurutnya, jika di Sinjai ia telah berbuat kebaikan untuk 262.000 jiwa penduduk, maka di Makassar, ia berharap bisa memberikan manfaat bagi 1,4 juta penduduk.

“Dengan pengetahuan, pengalaman, dan niat baik, Insyaallah kebermanfaatan yang saya bawa bisa dirasakan lebih luas oleh masyarakat,” pungkas calon wali kota Makassar nomor urut 2 ini. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Politics

Dengarkan Aspirasi Warga, Pasangan MAIKI Kunjungi Semua Desa dan Kelurahan Hingga Nginap di Rumah Warga di Sinjai

Published

on

Kitasulsel—SINJAI – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, Muzayyin Arif – A. Ikhsan Hamid (MAIKI) terus galakkan Safari Pedesaan, untuk mendengar langsung Apa yg menjadi aspirasi Masyarakat, tak tanggung tanggung pasangan MAIKI bahkan harus menginap di rumah rumah warga.

Pasangan MAIKI ini untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu
dari Pukul 05:00 subuh hingga Pukul 23:30 semua waktunya dihabiskan berrcengkrama dgn warga tanpa sekat, dari rumah satu kerumah lainnya, berbaur dan berbincang santai tapi sarat akan makna.

Untuk mengalang dukungan dan mendengarkan langsung aspirasi masyarakat Sinjai pasangan Muzayyin Arif – A. Ikhsan Hamid akan mengunjungi semua desa dan kelurahan.

BACA JUGA  Pelayanan Kesehatan Paripurna Seto-Rezki Mulai Digelar di Dua Kecamatan di Makassar

Seperti terlihat disejumlah titik yang telah dikunjungi, nampak Muzayyin Arif dan A. Ikhsan Hamid masing masing melakukan kampanye door to door dengan desa yg berbeda. Harapannya agar semua desa dan dusun dapat dikunjungi oleh pasangan MAIKI ini.

“Sudah ada berapa desa dan kelurahan yang kami kunjungi, pasangan MAIKI akan terus melakukan Safari ke Masyarakat di semua Desa dan Kelurahan hingga kami harus menginap di rumah rumah warga mendengarkan aspirasi,” kata Calon Walik Bupati Sinjai A. Ikhsan Hamid.

Pasangan MAIKI berkomitmen peduli masyarakat dan desa!!!
Pasangan MAIKI berkomitmen tuk memastikan Kebutuhan Dasar Masyarakat Desa Wajib Terpenuhi disemua sektor, khususnya di bidang pertanian, perkebunan, kesehatan, pendidikan, kebudayaan, Kelautan dan infrastruktur jalan.

BACA JUGA  Some California incumbents lagging in fundraising: report

Untuk mewujudkan semua itu tentu harus diawali dgn Kesejahteraan Aparatur SIPIL Negara dan Aparatur Desa, agar kelak etos kerja para pemangku jabatan dapat bekerja maksimal memenuhi kebutuhan Masyarakat.

“Jadi program kami menyentuh semua lapisan masyarakat, bagaimana dapat memberi kesejahteraan. Maiki berkomitmen wujudkan Sinjai Makessing Na Mabbarakka yakni Berkah, Berdaya dan Berbudaya,” tegas A. Ikhsan Hamid. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.