Connect with us

Tim Sar Gabungan Evakuasi Pendaki yang Alami Hipotermia di Pos 7 Gunung Bawakaraeng

Published

on

Kitasulsel—Gowa—-Seorang pendaki yang mengalami gejala hipotermia di Pos 7 Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulsel, akhirnya berhasil dievakuasi Tim Sar Gabungan ke kaki gunung, Desa Lembanna, Tinggimoncong, Gowa, pada Senin (31/07/2023) subuh.

Pendaki yang diketahui bernama Dapiol dibantu Tim Sar Gabungan menuruni Gunung Bawakaraeng hingga Hutan Pinus Lembanna dan diserahkan ke pihak keluarganya untuk mendapat pemulihan.

“Malam tadi kami terima laporan dari bagian registrasi tentang adanya 4 orang Pendaki yang mengalami gejala hipotermia di Gunung Bawakaraeng dan langsung mengirimkan personel Basarnas melakukan evakuasi”, ungkap Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Basarnas Makassar.

Lebih lanjut, Mexianus menjelaskan bahwa pada Minggu (30/07/2023) Command Center Basarnas Makassar menerima info adanya 4 Pendaki mengalami kendala di Gunung Bawakaraeng. Untuk merespons hal itu, Basarnas mengerahkan satu tim berkualifikasi jungle rescue untuk membantu proses evakuasi.

“Tim berangkat sekitar pukul 23.45 Wita (Minggu) dan langsung menuju ke lokasi melalui jalur bulu balea”, terang Mexianus.

Tim Rescue Basarnas bersama Potensi Sar langsung menuju ke Pos 7 dan menemukan korban sekitar Pos 5 dan Pos 6. Dapiol kemudian dievakuasi ke bawah oleh Tim Sar Gabungan.

Sebelumnya, korban bersama temannya sedang berkemah di Pos 5 Gunung Bawakaraeng. Pada Minggu (30/07/2023) korban bersama temannya mendaki ke puncak Gunung Bawakaraeng dan kembali setelah magrib menuju ke Pos 5. Namun, karena kondisi sudah malam, di Pos 7 korban mengalami hipotermia dan kesulitan berjalan.

2 rekan lainnya yang berada di Pos 5 melaporkan kondisi itu ke bagian registrasi Gunung Bawakaraeng yang diteruskan ke Basarnas.

Atas kejadian ini, Mexianus mengimbau agar pendaki tetap memperhatikan keselamatan dalam melakukan pendakian.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pilgub Sulsel

Andi Sudirman Jalan Sehat Bersama Ribuan Taruna dan Taruni Politeknik Maritim AMI Makassar

Published

on

Kitasulsel–Makassar Bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memenuhi undangan dalam acara jalan santai yang dilaksanakan oleh Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Minggu 22 September 2024. Kegiatan jalan sehat ini menjadi salah satu rangkaian Dies Natalis Polimarim ke-61.

Yel-yel Sulsel Maju digaungkan oleh para mahasiswa taruna dan taruni Politeknik Maritim AMI Makassar sebelum memulai jalan sehat ini. Sulsel Maju merupakan tagline dari pasangan bakal calon Gubernur dan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (Andalan-Hati).

Dipandu oleh Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar, Amrin Rani mengatakan, Polimarin yang dijawab para mahasiswa “jaya, jaya, jaya”. Dilanjutkan Amrin menyambung yel-yel “Sulsel Maju” langsung dijawab para taruna dan taruni “Lanjutkan, lanjutkan, lanjutkan”.

Kehadirannya ini juga sejalan dari program jalan sehat Anti Mager yang dipelopori oleh Andi Sudirman.

Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar, Amrin Rani menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sulsel Periode 2021-2023 itu.

“Di samping saya ada sosok beliau (Andi Sudirman), yang boleh dibilang salah satu kandidat. Kita berharap diteruskan. Harap kedepannya bisa dilanjutkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh para civitas Politeknik Maritim AMI Makassar, mahasiswa taruna/taruni, serta masyarakat sekitar Kampus Polimarim.

“Kita berharap 61 tahun Politeknik Maritim AMI Makassar semakin jaya dan sukses. Serta bisa melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang membanggakan dan membawa nama besar Politeknik Maritim AMI Makassar dan terdepan dalam berkontribusi bagi sekolah, daerah, bangsa, dan negara,” jelasnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.