Connect with us

Danny Pomanto Jadi Pembicara Dalam Seminar Nasional Ikatan Sosiologi Indonesia Di Yogyakarta

Published

on

Kitasulsel—YOGYAKARTA – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto membocorkan salah satu rahasia kesuksesannya membangun Kota Makassar dan berhasil mencuri perhatian dunia.

Di hadapan peserta Seminar Nasional Ikatan Sosiologi Indonesia di Hotel Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Sabtu (26/8), Danny Pomanto mengakui selalu menggunakan keilmuan sosiologi dalam perencanaan hingga pelaksanaan.

Mantan dosen arsitektur Universitas Hasanuddin Makassar ini menjelaskan bahwa disiplin ilmu engineering tidak bisa dilepaskan dari ilmu sosiologi: ruang membentuk perilaku dan perilaku membentuk ruang.

Dia menceritakan di awal periode pertamanya fokus utama penataan adalah lorong. Bagai sel dalam tubuh, lorong lah yang perlu mendapat perhatian utama.

“Karena lorong itu kompleks, warga bermukim sebagian besar di lorong. Saya kan juga anak lorong, lahir dan tumbuh besar di lorong sempit di Makassar, ” kata Danny Pomanto.

Ragam program dipusatkan di lorong, seperti Lorong Garden yang kini disempurnakan menjadi Lorong Wisata. Semuanya membutuhkan partisipasi aktif warga, ruang-ruang interaksi yang positif tercipta kemudian melahirkan kohesifitas sosial yang kental.

“Selain bermanfaat untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di lorong-lorong, ruang di lorong menghadirkan kohesifitas sosial yang kuat dan menstimulasi mitigasi sosial, ” jelas Danny Pomanto.

Saat kota dituntut menyesuaikan dengan perkembangan zaman melalui Smartcity, Danny Pomanto justru menambahkannya dengan aspek sosial yang sesuai dengan nilai yang dianut warga Makassar: Sombere and Smartcity.

“Smartcity hanyalah teknologi dan perangkat menciptakan kota yang cerdas. Yang utama iyalah bagaimana sikap manusianya dengan Smartcity ini, perlu sentuhan hati di dalamnya. High tech with heart touch,” beber Danny.

Karena konsep inilah, Danny Pomanto kerap diundang ke berbagai negara untuk menjelaskan soal Sombere and Smartcity. Bahkan di negara maju dengan teknologi yang maju pula mengalami degradasi dalam aspek sosial.

Dia pun menceritakan pengalamannya berdiskusi dengan Ratu Belgia Mathilda beberapa waktu lalu mengenai persoalan sosial hingga kesehatan mental.

“Ternyata persoalan sosial juga memiliki efek terhadap kesehatan mental. Dan jawabannya adalah kohesifitas sosial, di mana nilai-nilai kesetiakawanan dan solidaritas sosial. Dan inilah yang kita ciptakan di Makassar, ” terangnya.

Kegiatan yang dihadiri sosiolog dari berbagai perguruan tinggi ini juga menghadirkan Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau yang lebih dikenal dengan Gus Yahya sebagai pembicara utama.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pilgub Sulsel

Andi Sudirman Jalan Sehat Bersama Ribuan Taruna dan Taruni Politeknik Maritim AMI Makassar

Published

on

Kitasulsel–Makassar Bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memenuhi undangan dalam acara jalan santai yang dilaksanakan oleh Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Minggu 22 September 2024. Kegiatan jalan sehat ini menjadi salah satu rangkaian Dies Natalis Polimarim ke-61.

Yel-yel Sulsel Maju digaungkan oleh para mahasiswa taruna dan taruni Politeknik Maritim AMI Makassar sebelum memulai jalan sehat ini. Sulsel Maju merupakan tagline dari pasangan bakal calon Gubernur dan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (Andalan-Hati).

Dipandu oleh Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar, Amrin Rani mengatakan, Polimarin yang dijawab para mahasiswa “jaya, jaya, jaya”. Dilanjutkan Amrin menyambung yel-yel “Sulsel Maju” langsung dijawab para taruna dan taruni “Lanjutkan, lanjutkan, lanjutkan”.

Kehadirannya ini juga sejalan dari program jalan sehat Anti Mager yang dipelopori oleh Andi Sudirman.

Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar, Amrin Rani menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sulsel Periode 2021-2023 itu.

“Di samping saya ada sosok beliau (Andi Sudirman), yang boleh dibilang salah satu kandidat. Kita berharap diteruskan. Harap kedepannya bisa dilanjutkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh para civitas Politeknik Maritim AMI Makassar, mahasiswa taruna/taruni, serta masyarakat sekitar Kampus Polimarim.

“Kita berharap 61 tahun Politeknik Maritim AMI Makassar semakin jaya dan sukses. Serta bisa melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang membanggakan dan membawa nama besar Politeknik Maritim AMI Makassar dan terdepan dalam berkontribusi bagi sekolah, daerah, bangsa, dan negara,” jelasnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.