Connect with us

Jalankan Instruksi Walikota Makassar,Amanda Syahwaldi,S.STP,MM:Untuk Solusi Kebersihan Kita Mulai Dari Rumah Tangga

Published

on

Kitasulsel—Makassar—Amanda Syahwaldi selaku Camat Ujung Tanah siap mendukung penuh Wali Kota Makasssar Moh Ramdhan Pomanto selama masa akhir jabatannya.

Di akhir masa jabatannya, Danny Pomanto, nama sapaan Wali Kota, ingin memastikan kembali kebersihan kota hingga ke Lorong Wisata. Danny menginginkan kota bersih selama 24 jam, tidak seperti belakangan ini yang hanya dua jam.

Syahwaldi, baru saja dilantik sebagai Camat pada Rabu (3/1/2024) lalu, membeberkan bahwa kebersihan 24 jam bisa dicapai jikalau warga teredukasi. Ia menilai acuan pembenahan harus dimulai dari tingkat organisasi masyarakat yang paling kecil yakni rumah tangga.

“Karena pertama edukasinya tidak sampai mulai dari tingkat bawah, tingkat rumah tangga,” ucap Syahwaldi saat diwawancara edunews.id, Senin (8/4/2024) sore, di Kantor Camat Ujung Tanah Jalan Sabutung Timur, Kota Makassar.

Paham masalah, Syahwaldi bersama pihaknya akan mengedukasi masyarakat dengan turun langsung ke warga melakukan ‘Sentuh Hati’. Rumah tangga sebagai unit organisasi paling bawah akan Syahwaldi pastikan menjaga satu hal utama yakni rumah mereka sendiri.

“Kebersihan itu mulai dari rumah mereka masing-masing minimal dia jaga rumahnya, jalan depan rumahnya, drainase depan rumahnya, paling tidak kiri kanan sebelah rumahnya itu yang mereka jaga,” lanjutnya.

Pembiasaan ini, meski dipandang sebagai hal kecil, nantinya akan membawa pada hasil yang besar yakni karakter LISA (Lihat Sampah Ambil).

“Supaya kalau mulai dari tingkat lorong pasti terbawa sampai ke tingkat jalan poros dan juga jalan provinsi,” sebut Syahwaldi, optimis.

Tanpa ragu dan dengan kesediaan yang besar Syahwaldi juga optimis Sentuh Hati dapat membawa dampak positif untuk masyarakat.

“Maka dari itu langkahnya saya sebagai Camat memerintahkan kepada lurah untuk melakukan namanya Sentuh Hati, turun ke rumah-rumah warga menyampaikan bahwa ada yang harus kita jaga di kota ini yang namanya kebersihan,” jelasnya.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Provinsi Sulawesi Selatan

Sambut Positif Perda Pendidikan Akhlak Mulia, Pj Gubernur Prof Zudan: Nilai-Nilai Moralitas Pahlawan Sulsel Perlu Digali

Published

on

Kitasulsel–Makassar Dalam suasana Rapat Paripurna dengan agenda utama Persetujuan Bersama Gubernur dan DPRD Sulsel terhadap Ranperda APBD 2025 di Kantor DPRD Sulsel pada Kamis, 19 September 2024, Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyambut dengan positif kehadiran Perda tentang Pendidikan Akhlak Mulia.

“Saya menyambut baik Ibu dan Bapak terkait Perda Akhlak Mulia yang Ibu dan Bapak dorong itu bagus sekali,” ungkap Prof Zudan.

Prof Zudan menekankan pentingnya Perda ini dalam mendukung identitas Sulsel yang dapat menjadi kebanggaan nasional.

Ia juga menyoroti implementasi operasional dari Perda ini, dimana nilai-nilai akhlak mulia dapat dijadikan sebagai kurikulum lokal dengan mengambil contoh dari pahlawan-pahlawan nasional yang berasal dari Sulsel.

“Jadi sangat ingin saya bisa menggali nilai-nilai moralitas tinggi dari para pahlawan yang dimiliki Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Dia menegaskan pentingnya pemahaman akan sejarah lokal, mulai dari tingkat anak-anak TK atau PAUD hingga SMA.

“Saya mendorong agar cerita-cerita tentang tokoh lokal seperti Sultan Hasanuddin, Andi Pettarani, dan Andi Mappanyukki diajarkan secara mendalam sebagai bagian dari nilai-nilai moralitas lokal yang dapat menginspirasi generasi muda.

Inilah yang menjadi nilai-nilai moralitas di tingkat lokal sehingga bisa mewarnai generasi muda dan naik menjadi kebanggaan dan identitas nasional,” terang Prof Zudan. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.