Connect with us

Dispora Makassar

Laksanakan Appatasa 4, Dispora Makassar Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan Editor: Rasdianah

Published

on

Kitasulsel–Makassar Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar kegiatan Appatasa yang keempat kalinya. Appatasa merupakan langkah konkret Dispora Makassar yang diambil pemerintah untuk mengedukasi masyarakat dalam menangani masalah lingkungan.

Program ini bertujuan memberikan pemahaman serta membekali pemuda dengan kemampuan menghadapi tantangan di bidang lingkungan dan pekerjaan.

“Kegiatan Appatasa sudah dilakukan 4 kali, Kami bekerja sama dengan duta pemuda dan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menjalankan program strategis Wali Kota Makassar, khususnya dalam mewujudkan Low Carbon City,” ujarnya, Jumat (6/9/2024).

Kali ini Disporan berfokus pada edukasi masyarakat tentang pentingnya peran mereka dalam menjaga lingkungan, khususnya bagi kaum muda.

BACA JUGA  Eksekusi Program Kepemudaan, Sistem Informasi Taurungka Jadi Andalan Dispora

Rencananya, kegiatan Appatasa 4 akan berlangsung di kawasan Sinrijala, dengan luas area sekitar 800 meter.

Lokasi ini dipilih setelah dilakukan survei, yang menunjukkan bahwa kawasan tersebut sangat cocok untuk dilakukan pembersihan lingkungan.

“Setelah Kami survei, daerah itu sangat cocok untuk dibersihkan. Kami, bersama beberapa SKPD dan Kalla, memutuskan untuk memilih lokasi tersebut sebagai fokus kegiatan,” tambahnya.

Diperkirakan sekitar 50 personel dari Dispora akan turut serta dalam kegiatan ini.

“Jumlah peserta akan bertambah karena semakin banyak masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini, terutama mengingat betapa pentingnya menjaga lingkungan di tengah kota,” tutupnya. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dispora Makassar

Eksekusi Program Kepemudaan, Sistem Informasi Taurungka Jadi Andalan Dispora

Published

on

Kitasulsel–Makassar Adaptasi terhadap konsep Makaverse, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar andalkan inovasi program Taurungka.

Sebab Taurungka merupakan program berbasis digital yang menjadi sistem informasi smart kepemudaan di Kota Makassar.

Selama ini problem yang dihadapi adalah belum tersedianya data kepemudaan yang akurat, terintegrasi dan kompherensif untuk memetakan kondisi dan kebutuhan pemuda di Kota Makassar.

Hal tersebut berdampak pada tidak meratanya akses bantuan bagi pemuda ataupun saluran yang tepat bagi anak muda. Sehingga melalui aplikasi ini diharapkan bisa menuntaskan persoalan-persoalan yang ada.

Kadispora Makassar, Andi Engka Bau Djemma mengatakan bahwa Taurungka nantinya akan hadir sebagai tools dalam mengeksekusi program kepemudaan ke depan di Kota Makassar.

BACA JUGA  Dispora Makassar Perkuat Berbagai Program Smart Milenial

“Mereka harus disiapkan saluran dan dibukakan akses untuk mengembangkan potensinya secara lebih merata dan maksimal,” kata Andi Engka sapaan akrabnya, Jumat (6/9/2024).

Lebih lanjut, Andi Engka juga mengatakan bahwa saat ini Taurungka menjadi pusat database kepemudaan yang akan memuat sebaran pemuda usia 16-30 tahun berdasarkan wilayah kelurahan dengan sistem QR Code.

“Ini akan jadi pusat data base OKP yang memuat data kepemudaan menurut organisasi kemasyarakatan. Taurungka juga akan menjadi pusat database wirausaha dan UMKM pernuda yang di dalamnya memuat data dan profil wirausaha pemuda, UMKM Pemuda serta e-commerce barang dan jasa produknya,” jelasnya

Saat ini Taurungka sebagai pusat database kepemudaan yang akan menjadi dasar realisasi berbagai program strategis pengembangan kepemudaan di kota Makassar.

BACA JUGA  Dispora Makassar Gelar Festival Olahraga Pendidikan dan Pekan Olahraga Tradisional Dihadiri 1000 Siswa

Andi Engka juga menjelaskan bahwa Taurungka hadir sebagai tools dalam mengeksekusi program kepemudaan ke depan di Kota Makassar.

“Agar apa yang kita lakukan tepat sasaran. Mereka harus disiapkan saluran dan dibukakan akses untuk mengembangkan potensinya secara lebih merata dan maksimal,” tegasnya

Diketahui Aplikasi Taurungka juga menyediakan info terkait artikel kepemudaan dan hal-tal penting yang perlu dipublikasikan serta adanya sistern manajemen aduan dan Panic Button untuk pemuda. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.