Connect with us

Dalami Dugaan Suap, BK Ancam Batalkan Kirim Nama Calon Komisioner KI dan KPID Sulsel ke Pemprov

Published

on

Kitasulsel–Makassar Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulsel mengendus adanya dugaan praktik transaksional dalam seleksi calon komisioner Komisi Informasi (KI) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) yang berproses di Komisi A. Surat pemberitahuan pun dilayangkan ke pimpinan.

“Kemarin kita memberikan warning. BK merespon desas desus yang adanya (kabar) tidak sedap terkait seleksi dan penjaringan KPID. BK menyurat ke pimpinan untuk memanggil dan menyampaikan kepada komisi A,” kata Wakil Ketua BK DPRD Sulsel, Selle KS Dalle saat dihubungi Senin (6/5/2024).

Selle mengaku mendengar informasi adanya praktik transaksional dalam seleksi komisioner KI dan KPID yang digelar Komisi A DPRD Sulsel. Informasi awal ini membuat BK bergerak.

“Katanya ada permainan permintaan uang. Tetapi kan desas-desus sampai saat ini hanya desas-desus saja karena tidak ada yang bisa membuktikan, tapi kami tetap memberikan warning (dengan mengirim surat ke pimpinan),” ujarnya.

Politisi Demokrat ini mengajak kepada calon komisioner yang merasa dirugikan untuk melapor ke BK. Ia janji identitas pelapor dirahasiakan demi keamanan.

“Kalau ada yang pernah dimintai uang, suruh datang melapor ke BK, bahwa kami dimintain uang. Kalau mau lulus, dimintai uang. Kalau ada, itu suruh datang ke BK,” tuturnya.

“Kami jaga dan lindungi itu sebagai informan. Kami BK menjaga itu tidak mempublikasikan pelapornya,” sambung Selle.

Dia menuturkan, bila laporan tersebut bisa dibuktikan, maka fakta itu bisa menjadi acuan. BK akan meminta pimpinan DPRD Sulsel untuk tidak meneruskan nama-nama calon komisioner KI dan KPID ke Pj Gubernur Sulsel.

“Kalau itu terbukti kami meminta untuk membatalkan, cuman sampai saat ini belum ada bukti untuk membatalkan. Bahwa desas desus itu memang nyata adanya,” tuturnya.

“Kalau ada satu orang saja, saya bilang kita akan ngotot untuk membatalkan. BK akan merekomendasikan kepada pimpinan untuk tidak melanjutkan ke gubernur. Dan tentu gubernur tidak akan memproses, membuat SK penetapan,” sambungnya.

Menurut Selle, langkah yang diambil BK ini semata-mata menjaga marwah DPRD Sulsel dari hal-hal yang tercela. Upaya ini sebagai bentuk mitigasi untuk menjawab isu dugaan permainan permintaan uang.

“Kasian teman-teman Komisi A jika desas-desus berkembang tapi tidak terbukti. Kalau tidak ada melapor, berarti tidak terbukti. Tapi kalau ada melapor satu orang saja, kami akan meminta kepada pemimpin agar tidak diteruskan (ke gubernur). Karena secara moral dan etis itu tidak pantas untuk diteruskan, cacat moral dan etik,” kuncinya. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pemkot Makassar

Danny Pomanto Maulid Bareng Pengurus dan Jemaah Masjid Al-Markaz

Published

on

Kitasulsel–Makassar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama pengurus dan jemaah Masjid Al-Markaz Al-Islami memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu, 21 September 2024.

Selain itu, Danny Pomanto sapaan akrabnya juga menjanjikan anggaran Rp1 miliar untuk masjid Al-Markaz pada tahun depan.

“Insyaallah tahun depan kita bisa menyelesaikan janji saya Rp1 miliar untuk Al-Markaz,” kata Danny Pomanto saat memberikan sambutannya pada sela-sela acara di Masjid Al-Markaz, sore tadi.

Wali kota Makassar dua periode ini menjelaskan alasan menyiapkan anggaran tersebut.

Bahwa Pemkot Makassar memiliki kewajiban besar atas Al-Markaz.

Hal itu lantaran Al-Markaz membantu program Pemkot Makassar yakni Perkuatan Keimanan Umat.

Dengan berbagai program keislaman di Al-Markaz, kata dia, benar-benar menjadi markas pendidikan dan dakwah umat Islam sebagai nama masjidnya.

Apalagi, di dalamnya diperkuat oleh alim ulama, cerdik-cendikia, dan masjid menjadi basisnya maka insyaallah kota ini berjalan dengan baik.

“Juga dengan program Pemkot Makassar Jagai Anakta’ apalagi menjaga anaknya di masjid maka insyaallah sama dengan menjaga kota ini,” ucapnya.

Pasalnya kondisi dunia hari ini tidak baik-baik saja dengan banyaknya erosi akhlak yang tidak terkendali.

Maka, lanjut dia, dengan maulid ini diharapkan kian memperkuat generasi muda menjalankan ajaran Rasulullah Saw.

“Tentunya jika praktek dalam rumah tangga, cara bermuamalah, cara mendidik mengikuti Rasulullah Saw maka insyaallah kota ini terjaga,” harapnya.

Diketahui, peringatan maulid di Masjid Al-Markaz kali ini mengangkat tema Maulid Nabi Memperkuat Peradaban Berbasis Masjid. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.