Connect with us

Makassar

Operasional Diresmikan, Simpang 3 Middle Ring Road Akhirnya Bisa Diakses Masyarakat

Published

on

Kitasulsel–Makassar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sulawesi Selatan Bahar Latief meresmikan Operasional Simpang 3 Middle Ring Road Perintis Kemerdekaan-dr Leimena, Rabu (18/9/2024).

Pembukaan median jalan di Simpang 3 Middle Ring Road itu, menurut Danny (sapaan Ramdhan), merupakan salah satu upaya penyempurnaan traffict management untuk mengurai kemacetan di Kota Makassar.

“Inilah sebuah rekayasa lalu lintas atau dinamakan bahwa kita menyempurnakan traffict management pada simpul-simpul terpadat di Kota Makassar,” kata Danny usai peresmian Operasional Simpang 3 Middle Ring Road.

Ia menerangkan Middle Ring Road dibuat sebagai jalan pintas dari arah Perintis Kemerdekaan menuju Antang tanpa membebani simpang jalan menuju Antang-Urip Sumohardjo dekat PLTU Tallo.

BACA JUGA  Paskibraka Nasional Dilarang Pakai Hijab, PPI Kota Makassar Kecam BPIP

“Infrastruktur saja tidak cukup, maka management traffict menjadi solusi kedua untuk menyempurnakan itu, sehingga hari ini kita lihat separatornya dibuka dan orang dari Antara tidak harus bertumpuk memutar di Unhas,” jelasnya.

Begitu pun bagi pengendara dari arah dr Leimena tidak perlu memutar U-Turn depan Carefour, tapi bisa langsung lurus memotong jika ingin ke Jalan Perintis Kemerdekaan.

Jalan ini juga sudah dilengkapi Area Traffic Control System (ATCS) yaitu sistem pengendali lalu lintas berbasis teknologi yang secara simbolis diserahkan oleh BPTD Kelas II Sulawesi Selatan kepada Dinas Perhubungan Kota Makassar.

Sebelum Simpang 3 Middle Ring Road ini diresmikan, BPTD Kelas II Sulsel juga sudah memasang traffict light di Simpang 3 Alauddin-AP Pettarani dan mengurai kemacetan.

BACA JUGA  Rayakan Dies Natalis ke-33, Poltekpar Makassar Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah

Meski begitu, lanjut Danny, masih banyak simpul-simpul kemacetan yang mesti diurai. Seperti di area pantai, Landak, dan Rappocini.

Sementara itu, Kepala BPTD Kelas II Sulsel Bahar Latief mengatakan peresmian ini adalah salah satu upaya mengurai kemacetan. Apalagi titik ini rawan macet khususnya di pagi dan sore hari.

“Dengan dibukanya ini (separator), maka kemacetan ini bisa diminimalisir dan kendaraan roda dua yang melawan arus bisa berkurang,” tutur Kepala BPTD Kelas II Sulsel, Bahar Latief.

Selain itu juga untuk memberikan keselamatan bagi pengguna transportasi yang ada di Kota Makassar.

“Ini sudah bisa digunakan dan sudah siap semua,” ucapnya.

Ke depan, lanjut Bahar Latief, masih ada beberapa titik lagi yang akan diputuskan untuk mengurai kemacetan di Kota Makassar sehingga dibutuhkan sinergitas semua pihak. (*)

BACA JUGA  Jadi Inspirasi Pemuda, Kalfin Alloto’dang : Andi Sudirman Mampu Mengkoordinir Kepentingan Masyarakat

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Makassar

Keren! Dua Mahasiswa Unhas Sumbang Perak untuk Sulsel di PON Aceh-Sumut 2024

Published

on

Kitasulsel–ACEH Dua mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menorehkan prestasi gemilang diajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Dua mahasiswa tersbut adalah Mutiara Nur Azisah dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) dan Amanda Mutiara dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Mereka berdua sukses menyumbangkan medali perak bagi kontingen Sulawesi Selatan. Perak kedua ini datang dari cabang olahraga renang, khususnya di kategori duet renang artistik.

Mereka tampil di Kolam Renang Selayang, Medan, Sumatera Utara, pada Rabu (11/9/2024), dengan penampilan yang memukau dalam kategori duet. Kolaborasi kedua atlet ini berhasil mengumpulkan poin tinggi, yang membawa mereka ke podium perak.

BACA JUGA  Paskibraka Nasional Dilarang Pakai Hijab, PPI Kota Makassar Kecam BPIP

Dengan raihan ini, mahasiswa Unhas telah menyumbangkan dua medali perak di cabang renang. Sebelumnya, medali perak dipersembahkan Mutiara Nur Azisah di nomor solo putri.

Prestasi ini semakin memperkuat kontribusi mahasiswa Unhas dalam mendongkrak perolehan medali kontingen Sulsel di PON XXI.

Prestasi gemilang kedua mahasiswa ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, baik di tingkat universitas maupun kontingen Sulawesi Selatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin memberikan apresiasi kepada dua mahasiswa tersebut.

Dia bilang Mutiara Nur Azisah dan Amanda Mutiara memberikan dedikasi mereka dalam mengharumkan nama Unhas dan Sulawesi Selatan di kancah nasional.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa kami di PON kali ini. Mereka tidak hanya berkontribusi di bidang akademik, tetapi juga membawa nama baik Unhas melalui olahraga.

BACA JUGA  MUI Sulsel Imbau Masyarakat Cerdas Pilih Pemimpin

Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang,” ungkap Prof. Ruslin.

Dengan kontribusi dari atlet Unhas, Sulawesi Selatan terus berupaya memperbaiki posisi dalam klasemen perolehan medali di PON XXI Aceh-Sumut 2024. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.