Connect with us

Dinas kesehatan Makassar

Dinkes Genjot Implementasi KTR di Kota Makassar Menuju Kepatuhan 80 Persen

Published

on

Kitasulsel–Makassar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) tengah berupaya mengimplementasikan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dengan tingkat kepatuhan 80 persen.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Makassar, dr. Andi Mariani mengatakan, implementasikan KTR memiliki tantangan yang cukup besar sehingga perlu kolaborasi dan kerjasama semua pihak.

Terutama pada pemasangan tanda KTR di Kota Makassar, hingga saat ini belum ada rambu -rambu kawasan rokok dan non-rokok.

“Kita akan mulai dengan pemasangan tanda tanda KTR, karena hingga saat ini belum adanya tanda-tanda KTR yang jelas di lokasi-lokasi tertentu,” terangnya, Minggu (18/8/2024).

Kolaborasi ini juga perlu menjadi perhatian, untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki tupoksi menegakkan perda yang ada di Kota Makassar.

BACA JUGA  Pemkot Makassar Dorong Kepatuhan OPD Terkait Kebijakan KTR di Gedung Pemerintahan

“Kita tentu butuh dukungan maksimal dari Satpol PP yang memiliki tugas pokok penegakan Perda. Dengan kerjasama yang baik, kami optimistis bisa mencapai target 80% pada survei berikutnya,” ujarnya.

Menurutnya, jika Satpol PP mengambil bagian dari KTR maka pelanggaran yang terjadi bisa diminimalisir.

Hingga saat ini, terkait pelanggaran Dinkes Makassar mengandalkan pemantauan berbasis wilayah yang dilakukan oleh 47 Puskesmas di seluruh kota.

“Belum di olah, dan belum bisa memastikan terkait pelanggaran, lebih kepada belum sesuainya dengan standar KTR yang diharapkan, sehingga Satpol PP sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dinas kesehatan Makassar

Dinkes Makassar Berbagi Tips Mempertahankan Berat Badan, Patut Dicoba!

Published

on

Kitasulsel–Makassar Memiliki badan sehat dan bugar dengan berat ideal merupakan keinginan banyak orang. Namun bagaimana kita dapat mempertahankan? tentu menjadi tantangan berat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar belum lama ini, menyebut menjaga berat badan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Sayangnya, tak sedikit orang melakukan cara menurunkan berat badan yang instan tanpa memperhatikan efeknya.

Untuk itu, Dinkes kota Makassar berbagi beberapa tips yang patut dicoba untuk mempertahankan berat badan.

1. Pola Makan Seimbang

Konsumsi makanan sehat dengan porsi yang tepat. Fokus pada makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan olahan dan berlemak tinggi.

BACA JUGA  Pemkot Makassar Dorong Kepatuhan OPD Terkait Kebijakan KTR di Gedung Pemerintahan

2. Tetap Aktif Secara Fisik

Lakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti olahraga ringan, berlari, atau berjalan kaki. Cobalah untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu untuk membantu menjaga berat badan.

3. Pantau Berat Badan Secara Berkala

Timbang berat badan Anda secara teratur, misalnya sekali seminggu. Ini membantu Anda lebih cepat menyadari perubahan yang mungkin terjadi, sehingga bisa segera menyesuaikan pola makan dan olahraga.

4. Perhatikan Asupan Kalori

Jaga agar asupan kalori tetap seimbang dengan kebutuhan harian. Menghindari makan berlebihan bisa membantu mengontrol berat badan jangka panjang.

5. Tetap Terhidrasi

Minum air putih secara cukup membantu tubuh tetap sehat dan mengurangi rasa lapar yang terkadang disalahartikan sebagai kehausan.

BACA JUGA  Cacar Monyet Mulai Merebak, Dinkes Makassar Imbau Warga Tetap Waspada

6. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, membuat Anda lebih mungkin makan berlebihan. Usahakan tidur 7-9 jam setiap malam.

7. Kelola Stres

Stres dapat menyebabkan makan berlebihan atau memilih makanan tidak sehat. Coba teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk mengelola stres. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.