Connect with us

Dinas kesehatan Makassar

Dinsos Minta Dinkes Terlibat Tangani ODGJ, Begini Respon Kadinkes Makassar

Published

on

Kitasulsel–Makassar Belum lama ini, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar menyampaikan ide bakal merevisi ulang aturan penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Makassar.

Tak hanya itu, pihaknya meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, ikut terlibat dalam penanganan ODGJ karena masuk dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Merespon hal tersebut, Kadinkes Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan, selama ini regulasi penangan ODGJ langsung ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dadi.

“Mereka (Dinsos) menghubungi kami (Dinkes) untuk ODGJ yang sakit di pinggir jalan, untuk penanganan home care,” ujarnya kepada awak media di RS Unhas Kota Makassar, Senin (2/9/2024).

BACA JUGA  Dinkes Makassar Berbagi Tips Mempertahankan Berat Badan, Patut Dicoba!

Sejak awal kata Nursaidah, Dinsos memang telah melakukan kerja sama langsung dengan pihak RSJ Dadi, tanpa melewati jenjang koordinasi dengan Dinkes.

“Selama ini mereka tidak pernah mengkonfirmasi, mereka langsung ke RSJ Dadi, dia langsung bawa semua pasiennya,” ucapnya.

Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan melalui puskesmas dan akan melakukan proses berjenjang jika perlu melakukan rujukan.

“Kami di puskesmas kan juga ada pemeriksaan ODGJ dan akan berjenjang kalau mau ke RSJ Dadi tidak langsung kalau kami, kami juga bantu melakukan pemeriksaan kalau ada informasi dari Dinsos,” tuturnya.

Pihaknya, kata dia hanya bisa menyediakan pemeriksaan kesehatan bagi ODGJ, sesuai tupoksi Dinas Kesehatan kota Makassar.

BACA JUGA  Hari Pertama Bertugas, Kadinsos Makassar Salurkan Bantuan Kebakaran di Antang

“Terkait ODGJ, ada di Dinsos karena mereka rata-rata tidak punya rumah, saya tidak bisa tampung, Dinsos yang tampung jadi kalau dia sakit saya yang urusi sakitnya, Dia (Dinsos) yang urusi penginapannya,” ujarnya.

Anggaran ODGJ kata dia juga ada di Dinsos jadi memang lebih banyak ke mereka.

“Tapi memang kita perlu duduk bersama koordinasikan untuk penanganan,” katanya. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Dinas kesehatan Makassar

Dinkes Makassar Berbagi Tips Mempertahankan Berat Badan, Patut Dicoba!

Published

on

Kitasulsel–Makassar Memiliki badan sehat dan bugar dengan berat ideal merupakan keinginan banyak orang. Namun bagaimana kita dapat mempertahankan? tentu menjadi tantangan berat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar belum lama ini, menyebut menjaga berat badan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Sayangnya, tak sedikit orang melakukan cara menurunkan berat badan yang instan tanpa memperhatikan efeknya.

Untuk itu, Dinkes kota Makassar berbagi beberapa tips yang patut dicoba untuk mempertahankan berat badan.

1. Pola Makan Seimbang

Konsumsi makanan sehat dengan porsi yang tepat. Fokus pada makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hindari makanan olahan dan berlemak tinggi.

BACA JUGA  Pemkot Makassar Inisiasi Home Visit untuk Pendampingan Sosial dan Kesehatan Lansia

2. Tetap Aktif Secara Fisik

Lakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti olahraga ringan, berlari, atau berjalan kaki. Cobalah untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu untuk membantu menjaga berat badan.

3. Pantau Berat Badan Secara Berkala

Timbang berat badan Anda secara teratur, misalnya sekali seminggu. Ini membantu Anda lebih cepat menyadari perubahan yang mungkin terjadi, sehingga bisa segera menyesuaikan pola makan dan olahraga.

4. Perhatikan Asupan Kalori

Jaga agar asupan kalori tetap seimbang dengan kebutuhan harian. Menghindari makan berlebihan bisa membantu mengontrol berat badan jangka panjang.

5. Tetap Terhidrasi

Minum air putih secara cukup membantu tubuh tetap sehat dan mengurangi rasa lapar yang terkadang disalahartikan sebagai kehausan.

BACA JUGA  Cacar Monyet Mulai Merebak, Dinkes Makassar Imbau Warga Tetap Waspada

6. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, membuat Anda lebih mungkin makan berlebihan. Usahakan tidur 7-9 jam setiap malam.

7. Kelola Stres

Stres dapat menyebabkan makan berlebihan atau memilih makanan tidak sehat. Coba teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk mengelola stres. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.