Connect with us

Disupport Bantuan Keuangan Pemprov, Pemkab Pinrang Rintis Jalan di Letta – Kariango

Published

on

Kitasulsel—-PINRANG – Pemerintah Kabupaten Pinrang telah mulai menangani ruas jalan dan jembatan pada ruas Letta – Kariango.

Penanganan jalan dan jembatan ini, merupakan bagian dari bantuan keuangan Pemprov Sulsel Tahun anggaran 2023 senilai Rp 22,6 Miliar.

Hadirnya penanganan jalan dan jembatan ini sebagai prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Apalagi sempat terjadi kejadian ibu hamil yang meninggal dunia di jalan karena akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Jika masih ingat Ibu Hamil Meninggal ditandu 7km karena akses tidak dilalui roda empat, Alhamdulillah kini progres pembangunan jalan ruas Letta Kariango dan 6 Unit Jembatan di Kecamatan Lembang sedang dikerjakan melalui Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel,” ungkap Gubernur Andi Sudirman, Selasa (30/5/2023).

Orang nomor satu di Sulsel ini pun mengapresiasi Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid beserta jajarannya yang sigap dalam melaksanakan pekerjaan ini.

“Mohon doa dan dukungan masyarakat agar dapat dilancarkan. Aamiin,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Pinrang, Awaluddin Maramat menyampaikan, bahwa kontrak berjalan lebih dari 1 bulan. “Saat ini progress pekerjaan sekitar 20%,” sebutnya.

Lokasi pengerjaannya pun, kata dia, jauh dari perkotaan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota untuk sampai ke lokasi. Wilayahnya pun diarea pegunungan.

“Ada 6 unit jembatan yang akan dibangun, dan 4,2 km yang akan dirintis serta 1,2 km yang akan dilakukan peningkatan jalan dalam bentuk perkerasan beton,” jelasnya.

Adapun target pengerjaan ini, lanjutnya, maka nantinya kendaraan roda 4 bisa mengakses ke Desa Kariango.

“Wilayahnya diarea pegunungan. Sebelum dikerja, Cuma bisa dilalui kendaraan roda dua. Mudah-mudahan dengan selesainya kegiatn ini, maka akses ke Desa Kariango bisa diakses dengan kendaraan roda empat,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Provinsi Sulawesi Selatan

Sambut Positif Perda Pendidikan Akhlak Mulia, Pj Gubernur Prof Zudan: Nilai-Nilai Moralitas Pahlawan Sulsel Perlu Digali

Published

on

Kitasulsel–Makassar Dalam suasana Rapat Paripurna dengan agenda utama Persetujuan Bersama Gubernur dan DPRD Sulsel terhadap Ranperda APBD 2025 di Kantor DPRD Sulsel pada Kamis, 19 September 2024, Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyambut dengan positif kehadiran Perda tentang Pendidikan Akhlak Mulia.

“Saya menyambut baik Ibu dan Bapak terkait Perda Akhlak Mulia yang Ibu dan Bapak dorong itu bagus sekali,” ungkap Prof Zudan.

Prof Zudan menekankan pentingnya Perda ini dalam mendukung identitas Sulsel yang dapat menjadi kebanggaan nasional.

Ia juga menyoroti implementasi operasional dari Perda ini, dimana nilai-nilai akhlak mulia dapat dijadikan sebagai kurikulum lokal dengan mengambil contoh dari pahlawan-pahlawan nasional yang berasal dari Sulsel.

“Jadi sangat ingin saya bisa menggali nilai-nilai moralitas tinggi dari para pahlawan yang dimiliki Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Dia menegaskan pentingnya pemahaman akan sejarah lokal, mulai dari tingkat anak-anak TK atau PAUD hingga SMA.

“Saya mendorong agar cerita-cerita tentang tokoh lokal seperti Sultan Hasanuddin, Andi Pettarani, dan Andi Mappanyukki diajarkan secara mendalam sebagai bagian dari nilai-nilai moralitas lokal yang dapat menginspirasi generasi muda.

Inilah yang menjadi nilai-nilai moralitas di tingkat lokal sehingga bisa mewarnai generasi muda dan naik menjadi kebanggaan dan identitas nasional,” terang Prof Zudan. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.