Connect with us

Provinsi Sulawesi Barat

Sambut Dua Dekade, Pemprov Sulbar Canangkan SEPFEMBER CERIA

Published

on

Kitasulsel–MAMUJU Berbagai kegiatan dilaksanakan Pemprov Sulbar bersama Kabupaten dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar dua dekade atau ke-20 tahun. Dalam HUT Sulbar kali ini menjadi pembeda sebab terdapat sejumlah rangkaian event yang dikemas dalam September Ceria.

Hal tersebut, disampaikan Ketua Panitia HUT Sulbar ke-20 Amujib saat dihubungi, Sabtu 24 Agustus 2024. Amujib mengungkapkan rangkaian tersebut dilaksanakan setelah mendapat arahan dan persetujuan dari Pj Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin yang menghendaki HUT Sulbar 2024 berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Ini HUT nya warga Sulbar, HUT nya seluruh kabupaten di Sulbar dan bukan HUT nya Pemprov tetapi HUT nya Sulbar. Sehingga seluruh Sulbar harus merasakan dan ambil bagian” ujar Pj Bahtiar Baharuddin.

BACA JUGA  Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Apresiasi Upaya Ibu Kapolda Perhatikan Budaya Tenun Mandar

“Jadi perkembangan perayaan HUT Sulbar dua dekade pertama kick off hari jadi itu direncanakan di tanggal 28 September 2024,” kata Amujib.

Ia menambahkan kemudian untuk kemeriahannya akan dilaksanakan Sulbar Expo di tanggal 16-22 September 2024. Termasuk akan ada festival karampuang dab teluk Mamuju.

“Ada juga festival sandeq dimana ada sandeq rave dan ada juga sandeq tradisional,” tambahnya.

Sementara itu, beberapa partisipasi kegiatan dilaksanakan instansi vertikal seperti dilaksanakan BI, Korem 142/Tatag, Polda Sulbar hingga kegiatan dilaksanakan Kejati Sulbar.

“Ini bagian sporting dari instansi-instansi, ada juga lomba menembak dari Perbakin. Ada juga seminggu menanam mangrove,” ungkapnya.

Selain itu, dilaksanakan juga pesta rakyat yang dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra dengan melibatkan Pemkab se-Sulbar.

BACA JUGA  Pelantikan DPRD Sulbar di Gedung Baru, Dirangkaikan ki Berbagai Kegiatan Olahraga

“Jadi dalam rangka memperingati HUT Sulbar ke-20 kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi untuk memeriahkan dua dekade Sulbar. Karena Sulbar ini dari kita, untuk kita dan kita sendiri, sehingga mari meriahkan,” ujarnya.

Paripurna sendiri, kata Amujib akan dibicarakan sendiri dengan internal DPRD Sulbar karena mungkin ada beberapa rangkaian kegiatannya.

Diketahui, dalam menyambut HUT Sulbar ke-20 tahun kali ini mengangkat tema “Sulbar Malaqbi, Maju dan Berkelanjutan dalam ekosistem ekonomi hijau dan biru 2045 yang inklusif”. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Provinsi Sulawesi Barat

Gerakan Pasar Murah Sulbar Masuk Pelosok, Warga Tommo Harap Ini Terus Berlanjut

Published

on

Kitasulsel–MAMUJU Gerakan Pangan Murah atau pasar murah Pemprov Sulbar pertama kali menyasar wilayah pelosok Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Rabu 18 September 2024.

Masyarakat setempat sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang dilaksanakan Pemprov Sulbar.

Salah satu warga Yusak mengatakan sangat terbantu dengan adanya dilaksanakan pasar murah yang diinisiasi Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin.

“Pasar murah ini menurut saya sangat membantu masyarakat, terutama warga Tommo, apalagi yang berpendapatan dibawah rata-rata,” kata Yusak.

Ia menambahkan saat belanja di pasar murah yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Tommo, dirinya membeli beras, telur dua rak, dan tomat.

“Kita berharap kepada Gubernur bahwa pasar murah ini bisa terulang kembali. Karena sangat membantu masyarakat, apalagi kita ini ada di daerah pelosok,” tambahnya.

BACA JUGA  Pikirkan Masa Depan Masyarakat, Pengusaha Budidaya Aren Apresiasi Program PJ Bahtiar

Apalagi, kegiatan seperti ini jarang sekali terjadi menyasar daerah jauh dari perkotaan.

“Semoga terus berlanjut, minimal satu kali sebulan. Jadi sangat membantu masyarakat miskin,” harapnya.

Sekdes Tamejarra Kecamatan Tommo Fajaruddin mengungkapkan pasar murah yang dilaksanakan Pemprov Sulbar ini sangat bagus sekali.

“Seingat saya semenjak di sini barusan saya dengar dan lihat adanya pasar murah. Ini sangat bagus sekali,” ucap Fajaruddin.

Sementara itu, dirinya sempat berbincang bersama para tokoh masyarakat dan berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut kedepannya.

“Semoga ini terlaksana minimal satu kali dalam tiga bulan, mengingat perekonomian masyatakat kadang pasar surut. Jadi kedepannya kami harapkan bisa terus dilaksanakan,” ujarnya.

BACA JUGA  Sekprov Sulbar Buka Saqbe Forum dan Fasilitasi Penanaman Modal 2024

Menurutnya, langkah yang dilakukan Pj Gubernur Sulbar ini perlu dicontoh, mengingat masa jabatannya tidak lama di Sulbar.

“Langkah yang diambil ini sampai menyasar ke Tommo sangat baik buat kami masyarakat. Kegiatan ini sangat membantu dan bisa minimalisir sedikit keuangan kita terutama ibu-ibu rumah tangga,” imbuhnya.

Sedangkan, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin menyampaikan selama ini GPM Pemprov sudah bagus karena mempemgaruhi inflasi, namun itu hanya menyasar daerah perkotaan saja.

“Selama ini pengambilan data BPS hanya di pasar tradisional yang ada di kota dan ini cukup membantu menekan inflasi GPM dilakukan. Jadi bukan hanya mengatasi inflasi saja,” kata Bahtiar.

Padahal, lanjut Bahtiar filosopi dasarnya adalah GPM atau pasar murah menyediakan komoditi yang dibutuhkan masyarakat dengan menurunkan harganya ditujukan kepada kurang mampu.

BACA JUGA  DPRD Sulbar Dukung Pj Gubernur Bahtiar Perjuangkan APBD Pro Rakyat

“Masyarakat kita yang punya daya beli dibawah rata-rata banyak di kampung, inilah inovasi pertama di Indonesia yang kita lakukan. Jadi selain di kota kita juga laksanakan di pedesaan,” tandasnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.