Connect with us

Damkar Makassar

Kebakaran di Makassar Capai 156 Kasus Sepanjang 2024, Tertinggi di Bulan Agustus

Published

on

Kitasulsel–Makassar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Makassar, mencatat kasus kebakaran sepanjang tahun 2024 mencapai 155 kali kejadian.

Berdasarkan data Damkarmat Makassar dari 168 kejadian kebakaran, sebanyak 138 di antaranya menghanguskan rumah warga. Objek kebakaran lainnya yakni toko 10, pasar 1, industri perusahaan 4, gudang 8, hotel 2 dan 62 lainnya.

Sedangkan penyebab kebakaran, ada 37 kejadian karena korsleting listrik. Selain itu, pemicu gas atau kompor 10 kejadian, tabung gas 6, sampah atau alang-alang 44, dan 60 kejadian lainnya tidak diketahui.

Kepala Damkarmat Makassar, Hasanuddin tidak menampik kebakaran meningkat di tengah musim kemarau.

Salah satu faktor kebakaran terjadi juga dipengaruhi cuaca panas di Kota Makassar, di mana menyebabkan api mudah tersebar.

BACA JUGA  Damkarmat Makassar Ingatkan Aturan Prioritas Jalan demi Keselamatan Pengendara

“Banyak penyebabnya, antara lain faktor cuaca. Di mana belakangan ini cuaca sangat panas,” ujarnya, Rabu (4/9/2024).

Lebih lanjut, Hasanuddin merincikan kasus kebakaran memang mulai mengalami peningkatan selama memasuki musim kemarau.

Tertinggi, ada pada Juli dan Agustus 2024, setidaknya pada Juli tercatat 23 kasus kebakaran sedangkan Agustus 57 kasus.

“Pada Agustus setidaknya ada 68 rumah ludes terbakar dalam kasus tersebut, dengan penyebab kebakaran tertinggi sampah atau alang-alang sebanyak 23,” ujarnya.

Damkarmat Makassar juga mencatat kebakaran yang terjadi sejak Januari-Agustus 2024, berdampak pada 158 kepala keluarga (KK) dan 314 jiwa.

Adapun korban luka-luka sebanyak 3 orang. Sementara total kerugian akibat kebakaran ditaksir Rp35.380.000.000. (*)

BACA JUGA  Aksi Sigap Damkarmat Makassar Evakuasi Lansia Rentan di Jalan Sunu

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Damkar Makassar

Aksi Sigap Damkarmat Makassar Evakuasi Lansia Rentan di Jalan Sunu

Published

on

Kitasulsel–Makassar Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Makassar kembali menunjukkan kesigapannya dalam menangani situasi darurat.

Pada Rabu pagi (21/8/2024), Tim Rescue Damkarmat mndapat informasi terkait seorang lansia yang membutuhkan evakuasi dari lantai dua rumahnya di Jalan Sunu, Kecamatan Tallo, untuk segera dibawa ke rumah sakit.

Kepala Bidang Operasi Pemadam Kebakaran Makassar, Cakrawala mengungkapkan Lansia bernama Sitti Hasniah (83) diketahui mengalami pengeroposan tulang belakang dan tidak dapat bangkit dari tempat tidurnya karena dalam kondisi sangat rentan.

Oleh karena itu, evakuasi dilakukan dengan sangat hati-hati menggunakan tandu khusus untuk memastikan keselamatan pasien.

“Tim Rescue Damkarmat tiba di lokasi dengan cepat. Proses evakuasi berjalan lancar berkat kerja sama yang baik antara Tim Rescue Damkarmat dan keluarga,” jelasnya.

BACA JUGA  Damkarmat Makassar Ingatkan Aturan Prioritas Jalan demi Keselamatan Pengendara

Cakrawala menyampaikan bahwa keselamatan dan kesejahteraan warga, terutama yang berada dalam situasi darurat, selalu menjadi prioritas utama.

“Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam setiap misi penyelamatan, khususnya bagi mereka yang membutuhkan perhatian ekstra, seperti lansia ini,” tambahnya.

Evakuasi ini menjadi salah satu dari sekian banyak upaya Damkarmat Kota Makassar dalam melindungi dan melayani masyarakat dengan penuh dedikasi. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.