Connect with us

Pendidikan

SMPN 1 Makassar Dikunjungi Kabid SMP, Pantau Pelaksanaan ANKB Tahun 2024

Published

on

Kitasulsel–Makassar UPT SPF SMPN 1 yang berlokasi di Jalan Baji Areng No.17, Kelurahan Baji Mappakasunggu, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) saat ini di sambangi Kabid SMA Kota Makassar melakukan pemantauan pelaksanaan Asesmen Nasional, Rabu (11/09/2024) pagi.

Dalam kunjungan tersebut nampak hadir Kepala Bidang SMP Kota Makassar Muh. Guntur, S.Pd., M.Pd., didampingi Kepala sekolah UPT SPF SMPN 1 Makassar Suaib Ramli, S.Pd., M.Pd.

Menurut Muh. Guntur, tujuan kami datang ke sekolah ini ialah untuk melakukan pemantauan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) atau disebut Asesmen Nasional (AN) tahun 2024. Yang sudah dimulai sejak 09 September 2024.

Asesmen Nasional (AN) adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan pada jenjang pendidikan dasar SD/sederajat hingga pendidikan menengah atau SMP-SMA atau sederajat.

Adapun sekolah – sekolah yang kami kunjungi ialah sekolah yang kami sampel itu ada tiga sekolah diantaranya UPT SPF SMPN 1, UPT SPF SMPN 6 dan UPT SPF SMPN 23 Makassar hari ini.

BACA JUGA  Fun Walk Dies Unhas ke-68 Dimeriahkan Tarian Kolosal dan Rektor Baca Puisi

Tujuan dari pemantauan ini, kami ingin mengetahui dan melihat langsung bagaimana pelaksanaan kegiatan tersebut di sekolah, apakah masih ada kendala atau kekurangan. “Alhamdulillah ketiga sekolah sampel yang kami kunjungi hari ini semuanya berjalan baik dan berlangsung aman dan tertib,” ucapnya.

Lanjut Muh. Guntur menjelaskan, asesmen nasional ini merupakan cikal bakal untuk sekolah atau satuan pendidikan merumuskan atau membuat RKAS. Hasil dari asesmen ini memuat bagaimana literasi numerasi di sekolah itu, kemudian bagaimana survei lingkungan belajarnya.

Terkhusus untuk lingkungan belajar, semua stakeholder mengisi instrumen atau pertanyaan yang ada pada aplikasi asesmen nasional ini. Sehingga sekolah tersebut bisa mengetahui dimana kelemahan dan keunggulan sekolah.

BACA JUGA  1500 Peserta Tourism Fun Run Bakal Ramaikan Dies Natalis Poltekpar Makassar ke-33

Untuk diketahui, yang terlihat dalam kegiatan ini yaitu pihak Kementrian Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Balai Besar Penjaminan Mutu. Jadi empat (4) ini saling bersinergi dan berkolaborasi serta kita bagi dimana sekolah – sekolah sampel, jelasnya.

Selaku Kabid SMP Muh. Guntur berharap, semoga dengan adanya pemantauan asesmen nasional ini kita dapat mengetahui apa kendala dan kelebihan satuan pendidikan terkhusus di Kota Makassar.

Untuk tahun ini kami bisa sampaikan pelaksanaan asesmen sekitar 98% itu berjalan dengan baik, ungkapnya.

Ditempat yang sama, Suaib Ramli selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Makassar mengungkapkan, pertama tama saya ucapkan banyak terima kasih kepada Kabid SMP bersama jajaran dan semua yang telah hadir di sekolah kami.

Dalam hal kepengawasan kegiatan ini memakai sistim silang pengawas yang di SK-kan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar.

BACA JUGA  70 Pelajar Terpilih Jadi Tim Pengibaran Bendera HUT Ke-79 RI di Makassar, ini Daftarnya!

Untuk disekolah kami mendapat pengawas dari SMPN 3 dan pengawas dari SMPN 1 ke sekolah tersebut.

Diketahui, AN bukanlah Ujian Nasional (UN). AN adalah indikator dan upaya pemerintah untuk memetakan mutu pendidikan di Indonesia secara berkala sekaligus mendorong terjadinya perbaikan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM literasi, numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar, imbuhnya.

Olehnya itu, Suaib Ramli menambahkan, dengan hasil ANBK ini sekolah akan terpotret 1 tahun kedepan melalui raport pendidikannya salah satunya instrumen kegiatan ini.

Mudah mudahan, apa yang dijawab oleh peserta didik atau siswa(i) kami sebagai wakil dari teman temannya itu membuat gambaran yang baik di sekolah ini SMPN 1 Makassar, tutupnya kepada awak media.(*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Pendidikan

1500 Peserta Tourism Fun Run Bakal Ramaikan Dies Natalis Poltekpar Makassar ke-33

Published

on

Kitasulsel–Makassar Politeknik Pariwisata Makassar (Poltekpar) menggelar event sport Tourism Fun Run bertajuk “Run For Fun”. Kegiatan ini akan dihadiri 1500 peserta yang berlangsung pada Sabtu (21/09/2024) di depan kampus Poltekpar Makassar.

Menurut Direktur Poltekpar Makassar Herry Rachmat, kegiatan Fun Run ini merupakan rangkaian acara dies natalis Poltekpar Makassar ke-33.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi event tahunan yang terbuka untuk umum sehingga mahasiswa dapat terus berinovasi dalam setiap kegiatan,” bebernya.

Selain itu, Muhammad Reza selaku Project Leader Fun Run menyampaikan detail konsep kegiatan tersebut.

“Jadi, kegiatan ini kami hadirkan dua kategori lari. Ada yang 6 km dan 10 km,” ucapnya.

BACA JUGA  70 Pelajar Terpilih Jadi Tim Pengibaran Bendera HUT Ke-79 RI di Makassar, ini Daftarnya!

Nah, untuk masing-masing kategori akan mendapatkan beberapa atribut yang disiapkan mulai dari jersey, medali, door prize dan msih banyak lagi.

Tak hanya itu, Reza juga menuturkan kalau pihaknya menargetkan 1500 peserta yang akan bergabung dalam event fun run.

” Dari target tersebut diakumulasi dari beberapa partisipan seperti mahasiswa, staf, dosen, alumni, mitra kerja hingga komunitas lari,” bebernya.

Tak kalah menarik, Reza menjelaskan, kegiatan Fun Run ini juga dilengkapi dengan aktivitas lainnya, misal pemanasan, senam zumba, pertunjukan juggling, dan hiburan dari musisi lokal Makassar yakni Fandy WD & Hiburan Liburan Berkaraoke.

Selanjutnya, Ketua Prodi Pengelolaan Konvensi dan Acara Poltekpar Makassar Amiruddin Hamzah mengatakan, kegiatan yang dikelola oleh mahasiswa ini out put dari mata kuliah yang diterima mahasiswa.

BACA JUGA  Fun Walk Dies Unhas ke-68 Dimeriahkan Tarian Kolosal dan Rektor Baca Puisi

“Jadi, di Poltekpar sendiri, kami memang punya konsep perkuliahan yang tidak hanya teori, tapi juga aplikasinya di lapangan. Misalnya semester 3, kami memang sudah ajarkan bagaimana menyusun perencanaan kegiatan hingga pelaksanaannya,” jelasnya.

“Untuk semester yang 5, kami ajarkan untuk meramu kegiatan pentas seni pertunjukan. Dan untuk kegiatan ini nanti akan ditampilkan pada saat malam puncak dies natalis Poltekpar Makassar,” pungkasnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.