Connect with us

Provinsi Sulawesi Barat

Hadiri Jalan Sehat Rangkaian Pekan Keselamatan Jalan, Pj Bahtiar: Selamat Hari Perhubungan Nasional

Published

on

Kitasulsel–MAMUJU Penjabat Gubernur Sulawesi Barat , Bahtiar Baharuddin menghadiri acara jalan sehat dalam rangka pekan keselamatan jalan 2024 yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan, Minggu, 15 September 2024.

Jalan sehat yang merupakan salah satu puncak rangkaian dari peringatan hari perhubungan nasional ke- 53 sekaligus peringatan hari jadi Sulbar ke -20 tahun berlangsung di Kabupaten Mamuju, Sulbar.

Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin berterimakasih pada pihak perhubungan, baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah yang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Sulbar.

“Saya atas nama masyarakat dan seluruh penyelenggara negara di wilayah Sulbar mengucapkan selamat hari perhubungan nasional ke 53, terimakasih kepada jajaran perhubungan di tingkat nasional maupun di daerah seluruh Indonesia yang selama ini memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia, khususnya perhubungan darat, laut maupun udara,” kata Bahtiar Baharuddin.

BACA JUGA  HUT RI, Pj Bahtiar akan Lepas Ribuan Kepiting di Mamuju, Upaya Me Merdekakan rakyat Sulbar dari Kemiskinan

Meski memiliki tantangan yang cukup besar dalam menjalankan tugas di negara yang dikenal dengan beribu-ribu pulau, kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu, pihak perhubungan mampu bekerja menyambungkan antara satu pulau dengan pulau lain.

“Ini tantangan besar memang mengelola negara Indonesia yang sangat luas dengan negara kepulauan. Jadi, bagaimana menyambungkan pulau-pulau itu dengan perhubungan laut, menyambungkan dengan perhubungan udara dan menyambungkan itu di dalam internal wilayah pulau-pulau itu sendiri. Memang tantangannya cukup besar, karena itu memerlukan biaya yang pasti sangat besar,” ungkapnya.

Lanjut Bahtiar Baharuddin menjelaskan, khususnya di Sulbar dalam upaya mengkoneksikan daerah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini sedang diupayakan, baik dari sisi laut maupun udara. Selain itu, konektivitas ke daerah-daerah lain di seluruh Indonesia terus dibangun untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA  Pj Gubernur Sulbar Lakukan ki Pelepasan Kontingen Sulbar untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

“Jadi, membangun konektivitas ekonomi antar pulau, termasuk yang sedang kita kerjakan adalah bagaimana Sulbar itu tumbuh bersama IKN. Artinya, jalur perhubungan laut dan perhubungan udara harus dipastikan tersambung, terkoneksi antar wilayah Sulbar dengan IKN, baik dari sisi perhubungan laut maupun udara.

Maupun wilayah-wilayah sekitar, seperti Surabaya, Bali dan daerah sekitar IKN, maupun di internal pulau Sulawesi,” pungkas Bahtiar Baharuddin.

Ia pun berharap, kedepannya, seluruh daerah di pulau Sulawesi dapat terkoneksi dengan baik melalui jalur darat, seperti yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera saat ini. Baik itu pembangunan jalan tol, maupun pembangunan rel kereta api.

“Kita kebayang, suatu ketika di pulau Sulawesi ada kereta api. Kan belum pernah yah, menyambungkan seluruh pulau Sulawesi seperti pulau Jawa misalnya.

Sekarang pulau Sumatera itu, tolnya sudah tersambung sampai ke Aceh. Kita terbayang nggak, suatu ketika ada tol dari Makassar sampai Manado melewati Sulawesi Barat. Ini tantangan yang harus memang dikerjakan dan selamat kawan-kawan perhubungan,” tuturnya.

BACA JUGA  Resmikan Gedung DPRD Sulbar Tahan Gempa, Pj Bahtiar: Terimakasih Presiden

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai BPTD Kelas III Sulbar, Febrianto Frengky Mbatu berharap, dukungan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulbar dapat menciptakan tatanan transportasi yang lebih baik di provinsi Sulbar kedepannya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu acara puncak dari rangka acara hari perhubungan nasional dan ulang tahun provinsi Sulawesi Barat.

Kesadaran masyarakat di sini sudah tinggal akan berlalulintas, kami berharap ini bisa dijaga dengan baik.

Karena walaupun tidak diawasi atau tidak dilaksanakan penegakan hukum, tapi kita lihat berkendara disini sudah baik, sudah memenuhi faktor keselamatan, penggunaan helm dan lain sebagainya,” tutup Febrianto Frengky Mbatu. (*)

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Provinsi Sulawesi Barat

Gerakan Pasar Murah Sulbar Masuk Pelosok, Warga Tommo Harap Ini Terus Berlanjut

Published

on

Kitasulsel–MAMUJU Gerakan Pangan Murah atau pasar murah Pemprov Sulbar pertama kali menyasar wilayah pelosok Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Rabu 18 September 2024.

Masyarakat setempat sangat terbantu dengan adanya pasar murah yang dilaksanakan Pemprov Sulbar.

Salah satu warga Yusak mengatakan sangat terbantu dengan adanya dilaksanakan pasar murah yang diinisiasi Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin.

“Pasar murah ini menurut saya sangat membantu masyarakat, terutama warga Tommo, apalagi yang berpendapatan dibawah rata-rata,” kata Yusak.

Ia menambahkan saat belanja di pasar murah yang dipusatkan di Kantor Kecamatan Tommo, dirinya membeli beras, telur dua rak, dan tomat.

“Kita berharap kepada Gubernur bahwa pasar murah ini bisa terulang kembali. Karena sangat membantu masyarakat, apalagi kita ini ada di daerah pelosok,” tambahnya.

BACA JUGA  HUT RI, Pj Bahtiar akan Lepas Ribuan Kepiting di Mamuju, Upaya Me Merdekakan rakyat Sulbar dari Kemiskinan

Apalagi, kegiatan seperti ini jarang sekali terjadi menyasar daerah jauh dari perkotaan.

“Semoga terus berlanjut, minimal satu kali sebulan. Jadi sangat membantu masyarakat miskin,” harapnya.

Sekdes Tamejarra Kecamatan Tommo Fajaruddin mengungkapkan pasar murah yang dilaksanakan Pemprov Sulbar ini sangat bagus sekali.

“Seingat saya semenjak di sini barusan saya dengar dan lihat adanya pasar murah. Ini sangat bagus sekali,” ucap Fajaruddin.

Sementara itu, dirinya sempat berbincang bersama para tokoh masyarakat dan berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut kedepannya.

“Semoga ini terlaksana minimal satu kali dalam tiga bulan, mengingat perekonomian masyatakat kadang pasar surut. Jadi kedepannya kami harapkan bisa terus dilaksanakan,” ujarnya.

BACA JUGA  Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi, Sekprov Sulbar Harap Lahirkan Pekerja Profesional

Menurutnya, langkah yang dilakukan Pj Gubernur Sulbar ini perlu dicontoh, mengingat masa jabatannya tidak lama di Sulbar.

“Langkah yang diambil ini sampai menyasar ke Tommo sangat baik buat kami masyarakat. Kegiatan ini sangat membantu dan bisa minimalisir sedikit keuangan kita terutama ibu-ibu rumah tangga,” imbuhnya.

Sedangkan, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin menyampaikan selama ini GPM Pemprov sudah bagus karena mempemgaruhi inflasi, namun itu hanya menyasar daerah perkotaan saja.

“Selama ini pengambilan data BPS hanya di pasar tradisional yang ada di kota dan ini cukup membantu menekan inflasi GPM dilakukan. Jadi bukan hanya mengatasi inflasi saja,” kata Bahtiar.

Padahal, lanjut Bahtiar filosopi dasarnya adalah GPM atau pasar murah menyediakan komoditi yang dibutuhkan masyarakat dengan menurunkan harganya ditujukan kepada kurang mampu.

BACA JUGA  Hadiri Paripurna Hut Majene ke-479, Sekprov: Provinsi Akan Terus Mendukung Majene Jadi Sentra Pendidikan

“Masyarakat kita yang punya daya beli dibawah rata-rata banyak di kampung, inilah inovasi pertama di Indonesia yang kita lakukan. Jadi selain di kota kita juga laksanakan di pedesaan,” tandasnya. (*)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.